Aa Gym: Cara Hidup Bahagia

Assalamualaikum,

Setiap orang ingin bahagia. Setiap orang memimpikan bagaimana bisa hidup mulia. Setiap orang pasti ingin selamat. Banyak yang mendefinisikannya dengan materi yang banyak. Padahal, itu hanyalah remeh nya saja di dunia ini.  

Bahagia itu ada pada perintah Alloh, dan sengsara itu ada pada larangan Alloh. Contohnya, Alloh memerintahkan kita untuk sholat. Sholat itu sumber kebahagiaan, bisa berdzikir, sujud dalam keadaan mengingat Alloh, disana bahagia. Makanya orang yang sholatnya khusyuk itu bahagia.

Alloh memerintahkan kita untuk shaum, shaum itu sumber kebahagiaan. Karena dari shaum kita bisa menahan diri, bisa empati kepada kesulitan dan kesusahan orang. Alloh memerintahkan kita untuk zakat, dengan zakat itu juga sumber kebahagiaan, karena kita bisa berbagi. Demikian juga haji.

Sekarang amalan-amalan lainnya, kita sebagai umat islam dianjurkan untuk berbuat baik. Berbuat baik itu bahagia, orang-orang yang senang berbagi itu bahagia hatinya. Senyum, salam, orang yang senyum itu adalah orang yang bahagia. Kita bersedekah dengan wajah cerah itu bahagia, kita berkata baik itu bahagia, yang membuat tidak bahagia itu berkata jelek. Buruk sangka itu menderita, berbaik sangka itu bahagia. Kita disuruh memaafkan, memaafkan itu bahagia, orang yang mendengki, mendendam itu tidak bahagia. Oleh karena itulah kalau kita tidak bahagia, pasti kita ini melanggar perintah Alloh.

Contoh lain, ikhlas itu bahagia. Dia tidak mengharap ke makhluk, melakukan yang terbaik, dia melupakan kebaikannya dan hanya berharap ridho Alloh itu bahagia. Tapi orang yang riya, pamer, ingin dibalas budi, ingin dikagumi itu tidak akan bahagia. Kemudian jangan sombong, tidak akan masuk surga orang yang menyombongkan dirinya walaupun sebesar zarah. Tiadalah orang yang rendah hati (tawadhu) karena Alloh melainkan Alloh akan mengangkat derajatnya.

Jika ingin bahagia, pelajari apa yang Alloh sukai, dan amalkan, maka Alloh akan datangkan kebahagiaan itu. Jadi bahagia itu bukan datang dari harta, jabatan, pangkat, popularitas, kekaguman orang, tetapi kebahagiaan itu datang dari mematuhi perintah Alloh dengan ikhlas.

Kebahagiaan dan kemuliaan itu ada pada perintah Alloh, Alloh memerintahkan kita untuk jujur, di dalam jujur itu ada bahagia, ada mulia dan ada selamat. Alloh memerintahkan kita untuk menjadi orang yang bersih, di dalam bersih itu ada bahagia, ada mulia dan ada selamat.

Makanya kalau ada orang yang tidak bahagia, pasti hidup kita itu melanggar perintah Alloh. Lebih sederhana hidup ini, jika ingin bahagia belajar apa yang Alloh sukai dan amalkan apa yang Alloh perintahkan. Kalau merasa kurang bahagia dan sengsara, periksa, pasti dalam hidup kita ini melanggar perintah Alloh. Semua penderitaan dan kesengsaraan ada pada larangan Alloh.

Jadi, jika kita berbuat baik dengan benar, hati kita akan menjadi tentram, karena Alloh yang menggenggam hati kita. Ciri khas jika kita melanggar perintah Alloh, Alloh akan memberikan kegelisahan dalam hati kita. Dan tidak ada yang bisa menikmati hidup dengan kegelisahan. Hatimu akan tentram jika mengingat Alloh, mengingat Alloh itu tidak hanya pikiran, lisan tapi juga patuh kepada perintah Alloh itu adalah bagian dari dzikrulloh.

Semoga bermanfaat,

Wassalamualaikum,

(Resume Kajian Aa Gym)

0 comments:

Post a Comment