Aa Gym: Jemu

Assalamualaikum,

Apabila Alloh telah menjemukan engkau dari makhluk, maka ketahuilah bahwa Alloh akan membukakan untukmu perasaan jinak,  dan senang kepada Alloh

Sekiranya Alloh telah membuat hati kita jemu kepada makhluk, bukan tidak suka. Tetapi tidak ada kebutuhan yang mendalam, tidak ada kemelekatan hati secara mendalam kepada makhluk,  karena tau bahwa makhluk itu tidak bisa memberi manfaat tanpa izin Alloh, juga tidak membawa mudarat tanpa izin Nya. Yakin bahwa bahagia, mulia dan selamat dunia dan akhirat itu hanyalah diberikan oleh Alloh bukan karena makhluk. Dan itu adalah salah satu ciri bahwa Alloh akan membukakan perasaan jinak dan senang dengan Alloh.

Jemu itu bukan sebel, bukan benci juga bukan lari dari masalah.  Jemu itu karena merasa yakin tidak ada manfaat dan mudarat dari makhluk sehingga tidak perlu terlalu berakrab akrab,  tapi tetap kewajiban kita sempurnakan seperti memberi, menghargai, menyayangi menghormati, memuliakan, dll . Bukan ingin "di" dihargai,  dihormati,  disayangi dll kepada makhluk itu bisa bahaya. Ingin "di" itu kepada Alloh saja. Jemu dari "di" dari makhluk menjadi "di" kepada Alloh Ta'ala. 

Dan alarmnya adalah hati,  kalo hati sudah tidak enak terus berarti kita ada harap dan takut kepada makhluk. 

Semakin hati ini terikat kepada selain Alloh maka itulah yang membuat hati kita menjadi tidak tenang. 

Maka jiga kita hati kita sudah jemu kepada makhluk, akan merasa sangat nikmat saat menjalankan ibadah karena dia tau bahwa Alloh Subhanahu Wa Ta'ala selalu ada bersama-Nya dan selalu dilihat oleh-Nya. 

Jiga kita mencintai sesuai yang menghabiskan waktu kita kepada Alloh, ketauhilah hati-hati bahwa bisa jadi itulah yang telah menjadi Illah kita. Maka saat Alloh mengambil sesuatu itu adalah karunia dari Alloh. Maka saat ada sesuatu yang masuk kedalam hati,  dan sering mendominasi masuk kepada sholat kita maka hati-hati bahwa itu sudah menjadi Illah dan kita harus langsung bertobat langsung kepada Alloh. 

Jangan terlalu asik dengan sesuatu,  yang asik itu dengan Alloh saja. 

Kitab Al Hikam No 112

Apabila Alloh telah melepaskan lidahmu untuk meminta,  maka ketahuilah bahwa Alloh akan memberi kepadamu

Sebetulnya Alloh Ta'ala itu tidak memerlukan apapun kepada kita. Saat kita berdoa pun adalah ibadah saja, bukan karena Alloh membutuhkannya karena Alloh Maha Tau atas segala sesuatu yang ada di dunia ini. Doa itu saripati ibadah,  jadi berdoa itu aslinya ibadah saja,  pengakuan bahwa kita hamba yang tidak tau apapun selain dosa meminta pengakuan bahwa tuhan kita itu Alloh Subhanahu Wa Ta'ala yang memiliki segalanya. 

Laa Hawla wa Laa Quwwata Illa Billah

“Tidak ada usaha, kekuatan dan upaya selain dengan kehendak Alloh.”

Maka saat kita berdoa mari rasakan kepasrahan diri merasa bahwa kita tidak ada ada apa-apa nya dibandingkan ke Maha Kuasaan Alloh Subhanahu Wa Ta'ala jika sudah bisa seperti itu,  masyaallah bisa-bisa telah menjadi kekasih Alloh Ta'ala. 

Wassalamualaikum,



(Resume Kajian Aa Gym)

0 comments:

Post a Comment