Aa Gym: Nilai Islam yang Belum Nampak

Assalamualaikum,

Ada yang islam tapi dia tidak sholat, ada yang islam tapi dia tidak suka dengan islam, dan ada yang islam tapi dia malu mengaku umat islam.

Ada yang mau belajar islam tapi hanya sekedar belajar saja, tidak diamalkan. Sibuk membela islam, tapi dalam kesehariannya, tutur kata dan perilakunya kurang mencerminkan nilai-nilai islam.

Ada yang senang dengan islam tapi hanya praktek lahiriyah saja, datang ke masjid, sholat, baca qur'an tapi masih belum bisa akur dengan yang lain.

Sangat banyak problematika umat islam di negeri kita ini. Yang pintar merasa pintar, surga hanya untuk dirinya sendiri. Yang bodoh karena kurang ilmu.

Apa yang harus kita lakukan?

1. Kita ini harus lebih fokus kepada pendidikan dan pelatihan umat. Karena kalau banyak yang dididik jadi tahu dan dilatih jadi bisa, kelak akan ada efeknya untuk perbaikan umat islam.

Jadi sangat penting sekali pendidikan ini tidak hanya tahu tetapi harus dipraktekan. Tentu tidak mudah dan perlu kesabaran yang luar biasa.

2. Kita harus belajar agar diri kita ini menjadi bukti indahnya islam dan membantu orang lain memahami islam dengan cara yang sebaik-baiknya.

3. Doakan supaya hidayah Alloh tersebar dimanapun. Terkadang kita suka ujub, merasa paling sholeh, merasa paling baik padahal mudah bagi Alloh mencabut hidayah dari kita.

Jadi kita harus terus semangat untuk belajar, pokoknya melihat kepedihan apapun di negeri ini jawabannya harus belajar. Karena kita tidak bisa menjawab dengan emosi semua masalah yang ada. Menjawabnya harus dengan solusi, dan solusi itu tidak bisa kalau kita tidak punya ilmunya.

Surat Luqman Ayat 13

 وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ ۖ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ 

"Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar".

3M Tips Perubahan:
1. Mulai dari diri sendiri
2. Mulai dari hal yang kecil
3. Mulai dari sekarang

Surat Fussilat Ayat 33

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

"Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?"

1. Jadi, mari kita menggabungkan diri menjadi orang yang belajar islam dengan niat yang tulus ingin dekat dengan Alloh, ingin manfaat untuk umat.

2. Marilah kita bersemangat untuk mempraktekkan indahnya hidup sebagai orang islam, tidak hanya mempraktekan lahiriyah tetapi bermujahadah terus membersihkan hati.


3. Kita harus sudah mulai ambil bagian dalam menyampaikan indahnya islam kepada yang lain.

Wassalamualaikum,

(Resume Kajian Aa Gym)

0 comments:

Post a Comment