Ciri-ciri Orang Sukses



Assalamualaikum,

Banyak yang sering bertanya “Gimana sih cara menjadi orang sukses?”. Jawabanya hampir selalu di kaitkan dengan materi. jadi, banyak yang menjawab untuk menjadi sukses adalah dengan mengumpulkan uang yang banyak. Bagaimanapun caranya. Sehingga, masih banyak para koruptor dan pesuap di mana mana, karena mereka hanya tahu menjadi orang sukses itu semuanya hanya mengandalkan materi. Padahal ada yang lebih penting. Ini buktinya. 

Hasil penelitian secara ilmiah menurut Thomas J. Stanly , orang dianggap sukses itu:
  1. Jujur
Nabi Muhammad SAW muda ketika belum menjadi rosul sudah mendapatkan gelar Al Amin karena banyak orang yang menitipkan barangnya. Harus diketahui, jika sudah tidak jujur, maka akan terjadi bencana bencana selanjutnya. Lebih baik dihina tetapi jujur daripada dipuji tetapi tidak jujur, dihina tetapi dicintai Alloh itu bagus daripada disukai orang tetapi tidak disukai Alloh.
  1. Disiplin
Menjadi orang disiplin, kita belajar tentang apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan. Banyak yang belajar tahu yang harus dilakukan tetapi tidak dilakukan itu tidak disiplin. Disiplin adalah kunci, tidak ada orang yang sukses tidak disiplin. 
  1. Mudah bergaul
Nah, cara untuk menjadi akrab itu kuncinya 3, yaitu:
  • Aman
Jika seseorang ngobrol dengan kita, pastika harus aman. Ada orang yang celetak celetuk gaenak, membuat pikiran orang lain tidak nyaman.
  • Supportif
Berbicara kata yang enak, yang membuat orang ngobrol dengan kita itu menjadi mudah, bukan membebani. Kalau dia tidak tahu, kita beritahu, tetapi tidak dengan rasa menggurui. Posisi kita dalam bergaul itu membangun orang memotivasi, ini adalah pergaulan yang menjadi akrab. 
  • Terbuka
Kita harus membuka diri, kalau ngobrol dengan orang kita minta koreksi, dan kita coba untuk mengkoreksi. Kalau kita dikoreksi orang kita diam saja, yang membuat sakit hati karena kita sudah ujub merasa benar, itu tandanya kita tidak suka dikoreksi. Bagaimana kalau ada temen yang kurang bijaksana kepada kita?

Jadi, Jangan remehkan kepahitan, kalau Alloh akan meningkatkan derajatnya, ingin diberi pahala, ingin diberi ilmu oleh Alloh. Kalau ada orang yang berbuat tidak baik kepada kita, maka kita bersyukur, bersyukur karena kita bukan orang yang berbuat tidak baik kepada kita.

Semoga bermanfaat,

Jzakallah,


Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment