Kenapa Iman kita bisa turun?

Assalamualaikum,

Banyak yang sering bertanya, kenapa kita kadang ibadahnya lagi getol, tapi kadang juga malesnya minta ampun. Nah itu teh adalah ciri-ciri Iman kita sedang turun. Kita harus benar-benar mewaspadai jangan sampai turun iman dan kita tidak sadar, berikut adalah ciri-cirinya jika iman kita turun:

1. Ibadah itu sudah tidak ada nikmatnya.
Ibadah yang dilakukan tidak ada kenikmatan sangat kering sehingga bukan hal yg dirindukan lagi dan asal dilakukan.

2. Suka melambat-lambat sholat.
Mulai malas pergi kemasjid, pertama datang sebelum adzan terus datang saat adzan, lalu datang saat iqomah, itu ada ciri iman kita turun tanpa kita sadari.

3. Jika sudah sholat, malas untuk berdzikir.
Itu salah satu ciri sudah menurun imannya, ada saja hal yg ingin dilakukannya saat beres sholat misalkan membuka hp, atau apa saja yang membuat ingin segera pergi dari masjid. Padahal berdzikir sesudah sholat itu adalah sunnah Rasulullah yang sangat dipentingkan. 

4. Tidak ada kenikmatan saat berdoa.
Pada waktu sholat jika iman nya sudah menurun tidak ada lezatnya berdoa kecenderungan doa nya hanya basa-basi saja dan bahkan tidak berdoa sama sekali.

5.  Diambil kesenangan sholat rawatib nya.
Sangat malas untuk melaksanakan sholat sunnah.

6. Semakin enggan belajar agama.
Semakin malas belajar ilmu agama, ada ceramah itu cendering tidak mau didengar. Karena pupuk iman itu ilmu, dan pemandu iman. 

Jika iman melemah maka maksiat akan menguat, akan semakin sering maksiat mata menikmati saat melihat yg tidak halal, maksiat pendengaran sering mendengar yang tidak ada gunanya dan lainnya.

***
Salah satu untuk membentengi iman turun adalah terus-menerus mengamalkan doa yang paling sering dibacakan Rasullullah Shallallahu 'alahi Wassalam.


Semoga kita bisa evalusi ibadah kita, apakah ini sudah ada ciri-ciri iman turun. Dan semoga Alloh Subhanahu Wa Ta'ala selalu memberi jalan untuk sesalu taat kepada-Nya. Aamiin Ya Rabbal 'alamin.

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment