Aa Gym: Anak Sholeh

Assalamualaikum,

Anak sholeh itu hanya bisa terjadi dengan izin Alloh, anak adalah ciptaan Alloh, anak adalah milik Alloh, anak-anak dikuasai oleh Alloh setiap saat dan anak-anak dibolak-balik hatinya oleh Alloh Subhanahu Wa Ta'ala.

Orangtua adalah orang yang di uji oleh Alloh dititipi anak.

Apa yang harus dilakukan kalau kita menginginkan anak sholeh?
Kita harus sekuat tenaga berusaha menjadi orangtua yang layak dititipi anak sholeh. Jadi pikiran kita bukan menyolehkan anak sebagai orangtua, pikiran kita adalah bagaimana kita menjadi orangtua yang layak dikaruniai anak yang sholeh.

1. Harus yakin bahwa yang bisa mengubah adalah Alloh Subhanahu Wa Ta'ala.

2. Orangtua harus menjadi tauladan yang baik bagi anak. Inti dari keteladanan adalah perbuatan, perkataan dan hati itu sama.

3. Orangtua harus berinvestasi untuk mendapatkan diklatna.
- pendidikan -> supaya paham
- pelatihan -> supaya bisa
- pembinaan -> supaya istiqomah
Diklatna nya jangan hanya dunia saja, penting dunia tapi lebih penting anak menjadi ahli surga.

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda "Barangsiapa yang dikehendaki kebaikan baginya, Alloh berikan paham agama."

Paham itu niatnya benar, belajarnya benar dan mengamalkannya benar.

Jadi berinvestasilah anak-anak mengenal agama. Mengenal agama itu yang penting adalah mengenal Alloh, dan mengenal apa yang Alloh perintahkan dan apa yang Alloh larang. Makanya ilmu tauhid itu mutlak penting sebagai pondasi.

Jadi jangan sungkan, carilah sekolah yang membuat iman anak menjadi kuat. Jangan sampai anak lupa kepada Alloh. Kalau sudah lupa ke Alloh, anak tidak akan mengerti bagaimana memuliakan orangtua dengan benar.

4. Investasi adalah mencari lingkungan yang baik untuk anak yaitu orang-orang yang takut kepada Alloh. Karena orang yang takut kepada Alloh dimana-mana dia akan jaga diri.

Wasiat Rasulullah kepada Salman Al Farisyi "Cintai orang miskin, upayakan dekat dengan mereka, itu melembutkan hati, melihatnya kebawah, jangan melihat ke atas."


5. Anak-anak harus dicukupi dengan harta yang halal. 

6. Orangtua harus benar-benar menguatkan ibadah dan doanya. Karena ibadah dan doa itu lebih kuat dari nasihat dan contoh kita kepada anak.


Kesungguhan orangtua memperbaiki diri semua disaksikan oleh Alloh Subhanahu Wa Ta'ala. Walhasil keinginan anak menjadi sholeh menjadikan orangtuanya menjadi sholeh dan sholehah.

Wassalamualaikum,



(Resume Kajian Aa Gym)

0 comments:

Post a Comment