Asal Usul Orang Indonesia


Assalamualaikum,

Saat ini sedang trending terkait dengan pernyataan Agnezmo bahwa ia bukan berdarah asli Indonesia. Wawancara Agnez bersama dengan build series by Yahoo yang berdurasi 27 menit membuat kontroversi besar yang ada di negara kita. Seperti biasa, netizen langsung menghardik bahwa Agnez “salah besar” dengan pernyataan tersebut. Pernyataan itu ialah “I don’t have Indonesian Blood whatsoever” yang membuat banyak netizen naik vitam. Salahkah Agnez dengan pernyataan itu?

Mungkin banyak yang tidak setuju, tapi ada juga yang jadi pembela mati-matian sang maestro. Faktanya memang satu pernyataan saja bisa sangat membingungkan dan membuat banyak interpretasi. Netizen begitu murka karena Agnez di anggap sebagai manusia seperti kacang lupa kulitnya. Lupa akan negara yang membesarkanya, Negara yang melahirkanya. Sementara netizen lain berpendapat bahwa hal itu biasa saja karena tidak ada yang salah dalam pernyataan itu.

Salahkah Agnezmo?

Pertanyaan itu menjadi pertanyaan yang sulit di jawab. Tapi mari kita lihat fakta yang sebenarnya. Kalau kita lihat peta Indonesia, negara kita ini berada di jalur yang dinamakan Cross Position alias negara yang dilalui banyak jalur oleh negara lain. Dikatakan, Indonesia mempunyai banyak mitra dengan negara lain. Berikutnya adalah jika kita selami lebih dalam lagi bahwa Indonesia mempunyai ribuan etnis yang berbeda satu sama lain atau Bhineka Tunggal Ika, Berbeda tapi satu, yang sering di gaungkan akhir akhir ini.

Indonesia sendiri berada dalam jalur yang akhirnya membuat banyak etnis luar tumbuh dan besar disini. Ini yang juga akhirnya membuat banyak diversity yang diucap Agnez bahwa ia tinggal dan besar di antara banyak perberdaan. Sehingga munculah kalimat bahwa ia masih sangat di hargai meskipun ia minoritas di Indonesia. Dan itu ciri khas Indonesia.

Lebih dalam lagi bahwa ada teori jika sebuah negara ditinggali banyak bangsa. Dan lahirnya Indonesia berasal dari banyak bangsa, India, Gujarat, atau Tionghoa. Sehingga, seharusnya tidak ada rakyat Indonesia yang memang bisa di katakan pure blood dari indonesia itu sendiri. Mungkin saya juga bukan pure blood kayanya ya kalau di lihat dari garis keturunan leluhur Indonesia sendiri.

Kesimpulannya, sebenernya ga usah terlalu kaget dengan pernyataan Agnezmo itu karena memang dari fakta yang ada belum tentu bisa di katakan bahwa kita adalah manusia asli Indonesia. Ragam budaya dan bangsa yang ada di negara ini serta posisi negara yang sangat strategis menunjukan bahwa kita tinggal di negara beragam etnis yang tumbuh dan besar karena perbedaan.

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment