Apa itu Zuhud?

Assalamualaikum,

Akhir akhir ini, banyak orang yang membicarakan terkait Zuhud. Banyak kajian yang mengambil tema tentang Zuhud. Termasuk juga di Daarut Tauhiid. Menurut Aa Gym,  Zuhud itu tidak berkaitan dengan fisik, tapi berkaitan dengan hati. Zuhud itu bukan masalah tampak luar tapi hati. Berikut, 3 ciri orang zuhud:

1. Orang yang Zuhud ialah yang lebih meyakini dengan apa yang ada disisi Alloh daripada apa yang ada dalam genggamannya.

Bisa jadi orang itu ditakdirkan kaya tapi dia tidak merasa mulia dengan kekayaannya karena dia tau kemuliaan itu disisi Alloh, dia tidak merasa aman dengan jumlah kekayaannya karena dia tahu bisa sekejab diambil oleh Alloh. Makanya orang yang zuhud itu melihat uang berapapun sama karena dia meyakini yang menjaminnya itu bukan apa yang ada pada dirinya tapi jaminannya itu apa yang ada disisi Alloh Subhanahu Wa Ta'ala.

2. Orang yang Zuhud ialah yang mengharapkan pahala dari musibah yang dijalaninya.

Kita bisa belajar dari saudara kita yang tertimpa musibah di New Zealand yang begitu memaafkan pelaku dengan lapang dada. Kenapa bisa begitu? Karena beliau yakin apa yang ada disisi Alloh, pahalanya dengan pahala musibah ini sangat luar biasa besar.

3. Orang yang Zuhud ialah jika dia berada dalam kebenaran dipuji dan dicaci itu sama.

Jadi jika kita bangga dengan pujian orang dan mudah tersinggung jika dihina itu berarti kita masih mengharapkan kedudukan disisi makhluk. Tapi kalau orang yang Zuhud dipuji, dicaci sama aja tidak ada apa-apanya karena bagi dia yang menjamin itu ialah Alloh Subhanahu Wa Ta'ala.

Jadi, apakah kita sudah sampai level Zuhud?

Jazakallah,

0 comments:

Post a Comment