Aa Gym: Tidak Bisa

Assalamualaikum,

Penyebab Orang Tidak Bisa Bertobat

Alloh sangat mencintai orang yang bertobat dan mensucikan diri. Gerbang pertolongan Alloh itu adalah Tobat. Kita ini terhalang disebabkan oleh dosa, dan senangnya Alloh kepada orang yang bertobat adalah seperti,  orang yang putus asa di tengah padang pasir karena kendaraannya hilang,  tiba tiba kendaraannya datang kembali.

Betapa cinta Alloh kepada orang yang bertobat, Sebesar & sebanyak apapun dosa yang pernah kita lakukan yakinlah bahwa ampunan Alloh lebih besar lagi, walau dosa kita sebanyak buih dilautan jika kita berjumpa dengan ampunan Alloh,  maka ampunan Alloh lebih luas dari apapun. 

Makanya orang yang tidak tobat,  itulah dosa yang paling besar. Bahaya besar yang paling berbahaya dalam hidup kita itu adalah saat kita tidak mau untuk bertobat. 

Kita ini didalam hidup ini pasti ingin 3 hal,
1. Ingin bahagia
2. Ingin mulia
3. Ingin selamat

Dan yang paling penting adalah selamat,  dan apa yang mengancam hidup kita?  Yang paling mengancam hidup kita itu adalah dosa kita sendiri.

Kenapa ada orang yang tidak bisa tobat?

Orang tidak bisa tobat itu karena

  1. Orang yang ujub,  dan merasa dirinya sudah baik dan benar. 
  2. Orang yang sombong (takabur) , dia tidak bisa menerima kebenaran dan menganggap remeh orang lain. 
  3. Orang pendengki, tidak suka orang memiliki kelebihan.  Dengki itu sms (susah melihat orang senang & senang melihat orang susah) 
  4. Orang yang merasa dirinya adalah korban,
Hanya sibuk memikirkan dirinya sebagai korban tanpa memikirkan apa hikmah yang didapat.

Jika semua ini ada dalam diri kita,  maka akan sangat susah sekali menheluarkan air mata tobat.  Seperti kaca mobil yang sangat kotor yang penuh lumpur hingga tidak bisa melihat keluar.  Yang akhirnya menjadi Derita Tiada Akhir.

Jangan suka mencari kambing hitam,  karena kambing yang paling hitam adalah diri kita sendiri. Harusnya saat kita mendapatkan ujian maka harus sabar, dan orang yang paling sabar adalah orang yang paling sibuk mengevaluasi diri. 

Dan sabar itu salah satu kuncinya adalah dengan mengingat alloh selanjutnya ingat kepada dosa sendiri kemudian di lanjutkan dengan sholat minta ampun kepada Alloh.

“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka”  (HR. Ahmad)

Mari dalam situasi apapun,  kita harus tau tidak ada yang dapat menolong kita,  dan hanya Alloh satu satunya yang dapat menolong kita. 

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment