Aa Gym: Lubang

Assalamualaikum,

Diantara lubang penghancur amal adalah takabur.
Orang tergelincir berbuat dosa kemudian dia tersungkur benar-benar taubat nasuha, bisa lebih dicintai Alloh daripada ahli ibadah sholat, tahajud, baca Quran, tapi jadi sombong.

Iblis itu diciptakan oleh Alloh lebih dulu daripada Adam, lebih mengenal Alloh, lebih duluan taat kepada Alloh, tapi ketika Alloh menciptakan Nabi Adam, keluarlah kesombongannya. Kedengkiannya, ujubnya, ujubnya karena merasa dia lebih mulia di buat dari api,  sombongnya karena meremehkan, dan dengki nya tidak rela disuruh bersujud ke Adam, jadilah termasuk makhluk yang terkutuk. 

Jadi walaupun tau agama, ibadah, tapi kalau jadi sombong ada contohnya, yaitu naudzubillah Iblis la'natullah.

Allah SWT berfirman:

وَلَقَدْ خَلَقْنٰكُمْ ثُمَّ صَوَّرْنٰكُمْ ثُمَّ قُلْنَا لِلْمَلٰٓئِكَةِ اسْجُدُوْا لِاٰدَمَ فَسَجَدُوْۤا اِلَّاۤ اِبْلِيْسَۗلَمْ يَكُنْ مِّنَ السّٰجِدِيْنَ
"Dan sungguh, Kami telah menciptakan kamu, kemudian membentuk (tubuh)mu, kemudian Kami berfirman kepada para malaikat, Bersujudlah kamu kepada Adam, maka mereka pun sujud kecuali Iblis. la (Iblis) tidak termasuk mereka yang bersujud."
(QS. Al-A'raf 7: Ayat 11)

Allah SWT berfirman:

قَا لَ مَا مَنَعَكَ اَ لَّا تَسْجُدَ اِذْ اَمَرْتُكَۗقَا لَ اَنَاۡ خَيْرٌ مِّنْهُۚخَلَقْتَنِيْ مِنْ نَّارٍ وَّخَلَقْتَهٗ مِنْ طِيْنٍ
"(Allah) berfirman, Apakah yang menghalangimu (sehingga) kamu tidak bersujud (kepada Adam) ketika Aku menyuruhmu? (Iblis) menjawab, Aku lebih baik daripada dia. Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah."
(QS. Al-A'raf 7: Ayat 12)

Jadi ciri takabur itu ada dua, mendustakan kebenaran dan menganggap remeh orang lain. Iblis ini mendustakan kebenaran dari Alloh bahwa Alloh menciptakan nabi adam adalah kehendak Alloh, mendustakan perintah Alloh,dan menganggap remeh yang lain, yaitu Adam.

Nah hadirin sekalian, banyak tingkatan kesombongan, tapi cirinya dua ini saja.  Apa saja yang bisa membuat orang sombong dari dunia ini dari materi, misalkan rupa, bentuk tubuh, ada yang bentuk tubuhnya atletis, liat yang kurus-kurus tuh dia merendahkan, sombong dengan tubuh atletisnya.  Ada yang meremehkan orang karena dia punya badan tinggi, tegap, atletis, jadi melihat yang lain-lain meremehkan, hati-hati, mudah bagi Alloh merontokkan tubuh ini. Tinggal di kasih penyakit saja,  walaupun dia punya otot kawat balung besi leher beton dikasih bakteri diare, pasti di wc.

Agar memiliki hati yang qarib

Selain kita memperbanyak amal kita harus serius sekali menjaga,  jangan sampai bocor seperti ember diisi air. 

Orang yang sombong itu adalah orang yang mendustakan kebenaran dan merendahkan manusia yanh lainnya. 



Tidak cukup kita memiliki banyak amal ibadah,  tapi harus sering periksa hati untuk menvaluasi setiap amal yang telah kita lakukan. 

Kenapa orang yang sombong begitu di benci oleh Alloh?  Seluruhnya yang apa kita punya adalah milik Alloh,  tidak ada yang bisa di sombongkan  dari apa yang Alloh beri. Karena mudah bagi Alloh untuk membuat kita hina,  tinggal dibukakan aib - aib kita,  habislah kita. 

Orang yang tidak akan masuk tersentuh oleh api neraka adalah

1. Hayyin = Tenang yang sesungguhnya datangnya dari bertauhiid kepada Alloh
2. Layyin = Lembut sopan dan santun,  sumbernya adalah dari hati yamg penuh dengan rahmat
3. Qarib= Orang yang dekat yang datangnya dari tawadhu,  dan kebalikannya adalah orang yang sombong,  orang yang segala ingin diakui dengan apa yang telah dia perbuat dan membuat orang sangat tidak nyaman. 

4. Qanaah = Orang yang dapat mengendalikan nafsunya

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment