Penting Part 2

Assalamualaikum,

"Sholat itu sebagai tempat bermunajat ataupun menyampaikan hajat keada Alloh, serta memanjatkan puji syukur dan sebagai tempat pembersihan hati dari berbagai kotoran.  Leluasa didalamnya datangnya berbagai rahasia rahasia Alloh,  dan terbit terang padanya cahaya-cahaya ilmu dan ma'rifat."

✨ Rukun islam sesudah syahadat adalah sholat.  Syahadat itu adalah ikrar dari keyakinan yang dibuktikan dengan perbuatan dan sholat adalah tiangnya. Dan sholat adalah tiang agama.  

✨ Sholat itu adalah dzikir yang paling lengkap,  dzikir dalam keadaan berwudhu, mengahadap ke kiblat dan melafalkan takbir, tahmid,  tasbih, tahlil,  syahadat dan salam.  Lengkap. 

Ada ayat-ayat Al Quran mulai dari umul quran, Al Fatihah yang tidak pernah lepas dari tiap raka'at. Ada tasbih dalam keadaan ruku,  ada tasbih dalam keadaan sujud dan ada doa yang lengkap yang diapit di 2 sujud. 

✨ Seharusnya sholat ini menjadi andalan yang paling utama bagi kita,  karena gerbang pertolongan Alloh adalah ada pada sholat. Begitu dahsyatnya sholat hingga sholatlah yang ditanya di alam kubur yang paling pertama.  

Doa itu adalah sari patihnya ibadah,  dan sholat itu adalaha kesempatan terbaik,  terdahsyat untuk kita dapat mengeluarkan doa,  bermunajad kepada Alloh. 

Tetapi sayangnya kita sering sekali saat melaksanakan sholat tapi tidak memikirkan kekhusyu'an nya dan kurang serius. Penyebab utamanya adalah kita belum menganggap sholat itu sesuatu yang penting bagi hidup kita. 

Karena jika kita menganggap sholat itu penting, maka kita akan sangat serius dan mengutamakan sholat dan menjadikan sholat itu menjadi andalan kita. 

✨ Bagaimana kita meningkatkan kekhusyu'an sholat? 

Caranya adalah dengan bertawakal,  putus harapan sepenuhnya hanya berharap kepada Alloh Subhanahu Wa Ta'ala. Karena alloh adalah penentu, penguasa, pemilik seluruhnya dan Alloh tau keinginan kita, takdir kita mutlak ada dalam genggaman dan kekuasaan Alloh dan hanya Alloh lah yang dapat menolong kita.  Maka jika kita sudah yakin sepenuhnya kepada Alloh,  maka kita akan mendapatkan kekhusyu'an dalam sholat. 

Mari kita rontokan sandaran-sandaran yang ada dihati kita,  mari kembalikan semuanya kepada kekuasaan Alloh. Karena dari tawakal lah gerbang dari kekhusukan sholat kita. 

✨ Selain yakin bahwa hanya Alloh lah yang dapat menolong kita, agar sholat kita bisa khusyu'

1. Kita melihat sholat itu ibarat seperti kita sedang mengetuk pintu, datang kepada yang bisa menyelamatkan dan melindungi kita pasti serius. 

2. Kita harus paham betul dengan setiap bacaan dan ayat yang kita baca.

3. Tumaninah, ibarat seperti membuka brangkas sempurna dan khusuk disetiap rangkaian tahapan gerakan & bacaan sholat  kita. 


Maka mari kita bulatkan tekad buat target,  melepas apapun dihati kita sandaran, harapan dan gantungan kita selain hanya kepada Alloh. Dan target kan memiliki kualitas sholat yang khusuk sebagai andalan kita untuk bisa mendapatkan ridho dan pertolongan Alloh.

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment