Pro

Assalamualaikum,

Hidup ini sebetulnya tidak serumit dengan apa yang kita duga, karena hidup ini akan lebih mudah jika kita paham akan rumus-rumus didalamnya. Salah satunya ada pada surat Al-Isra ayat 7

Alloh Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

"Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri...."

Jadi dari ayat yang kita baca itu kita bisa mengetahui bahwa sebenarnya saat kita sedang ingin menolong orang, maka sebenarnya kita sedang tidak menolong orang tersebut, tapi kita sedang menolong diri kita sendiri. Begitu juga ketika kita melakukan kemaksiatan, maka kita sudah melakukan keburukan pada diri kita sendiri. Naudzubillahimin Dzalik

Dan rumus selanjutnya adalah rumus dalam melakukan kebaikan, yaitu 3 Pro. Apa sih 3 Pro itu ?

1. Pro Aktif
Jadi jika kita melakukan kebaikan, jangan banyak menunggu, tapi kitalah yang harus bisa mencari ladang amal tersebut. Tolonglah orang-orang yang ada di sekitar kita dengan pertolongan yang sebaik mungkin. Karena jika kita menolong orang lain sebaik mungkin maka kebaikan itu akan kembali kepada diri kita masing-masing.

2. Produktif
Kita harus bisa melakukan kebaikan dengan se-produktif mungkin, salah satunya adalah menggunakan apa yang kita punya, untuk bisa untuk bisa kita pakai menjadi jalan kebaikan.
Pakailah uang atau harta apapun yang ada di tabungan kita dengan mengeluarkannya di jalan Alloh Ta'ala (dengan catatan kita keluarkan tanpa harus meninggalkan kewajiban yang kita miliki). Karena sebanyak-banyak kita mengeluarkan uang atau harta lainnya kepada orang lain, maka itu akan menjadi investasi dalam meraih keberkahan, dan juga pasti akan Alloh Ta'ala balas dengan balasan yang sebaik-baiknya

3. Profesional
Orang yang profesional akan merencanakan segala sesuatu dengan perencanaan yang matang. Sehingga pelayanan atau service yang diberikan akan menjadi bagus. Dan konsep ini pun bisa kita terapkan kepada bentuk kebaikan yang akan kita lakukan. Yaitu memberikan service terbaik ketika kita sedang melakukan kebaikan kepada orang lain.

Jadi jangan ragu-ragu jika kita melakukan kebaikan, karena kebaikan itu akan kembali kepada pemberi kebaikan tersebut, dan akan dibalas dengan balasan Alloh Subhanahu Wa Ta'ala yang menjadi sebaik-baiknya balasan.

Jika kita melakukan kebaikan yakinlah bahwa kebaikan kita itu akan dibalas oleh Alloh Ta'ala. Dan kunci dari kebaikan yang baik itu adalah dengan memberikan hal yang baik dengan rasa ikhlas. Karena yang seharusnya kita pikirkan adalah bukan dari apa yang menjadi balasan makhluk, tapi pikirkanlah akan apa yang akan dibalas oleh Alloh Ta'ala kepada kita. Jadi yang harus kita lakukan adalah harus bisa Lillahi Ta'ala dalam segala kebaikan yang kita lakukan.


Jadilah jalan kebaikan kepada orang lain, karena sebaik-baiknya orang adalah orang yang menjadi jalan kebaikan bagi orang lain. Dan jika kita melakukan kebaikan maka yang harus kita rasakan adalah bagaimana caranya kita bisa meningkatkan rasa hauf dan rodja kita, agar kebaikan yang kita lakukan bisa terasa lebih nyaman dan juga tenang.

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment