Bersabarlah

Assalamualaikum,

Alloh Ta'ala berfirman,

وَاصْبِرُوا إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

 “Bersabarlah kalian, sesungguhnya Alloh bersama orang-orang yang sabar”. (QS. Al Anfal [8] : 46)

Berikut ini berberapa cara agar kita bisa lebih sabar:

1. Ketika kita ditimpa musibah, maka kita harus yakin bahwa musibah ini hanya bisa terjadi atas izin Alloh.

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ ۗ وَمَنْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُ ۚ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

"Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (Q.S At Taghabun 11) 

Jadi tertusuk jarum itu hanya bisa terjadi atas izin Alloh, termasuk kejadian yang besar pun terjadi atas izin Alloh. Tidak ada satupun yang bisa terjadi tanpa izin Alloh. Jangan sampai setiapvkejadian membuat kita lupa kepada Alloh. 

2. Jika terjadi musibah kepada kita selain yakin ini terjadi atas izin Alloh yakin juga akan ada kebaikan disetiap musibah.

Dari Shuhaib, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

“Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruhnya urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya.” (HR. Muslim, no. 2999)

Jadi tidak ada kerugian dalam hidup kita ini, semua yang terjadi pasti ada kebaikan jika benar menyikapinya. Maka teruslah berbaik sangka kepada Alloh walaupun dalam kebaikan. 

3. Bawa setiap musibah itu untuk tobat

مَا أَصَابَكَ مِنْ حَسَنَةٍ فَمِنَ اللَّهِ ۖ وَمَا أَصَابَكَ مِنْ سَيِّئَةٍ فَمِنْ نَفْسِكَ ۚ وَأَرْسَلْنَاكَ لِلنَّاسِ رَسُولًا ۚ وَكَفَىٰ بِاللَّهِ شَهِيدًا 

"Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Alloh, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri. Kami mengutusmu menjadi Rasul kepada segenap manusia. Dan cukuplah Alloh menjadi saksi." (Q.S An Nisa 79) 

Maka jika ada musibah jangan menyalahkan siapapun tapi langsung evaluasi diri tobat kepada Alloh. 

4. Bersama kesulitan itu ada kemudahan

Alloh memberikan kesulitan kepada hamba-Nya, dan Alloh pun memberikan kemudahan dibalik kesulitan itu. Jadi jangan putus asa karena kemampuan kita itu sudah diukur oleh Alloh. 

5. Setiap musibah itu hanya bisa dihilangkan oleh Alloh.


Hanya Alloh lah yang bisa menghilangkan setiap musibah karena Alloh lah yang menciptakan musibah itu maka Alloh juga yang bisa menghilangkannya, maka setiap musibah yang terjadi kepada kita langsung kembali kepada Alloh minta ampunan dan berdoa untuk dihilangkan musibah yang terjadi. 

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment