Yang Paling Sulit

Assalamualaikum,

Yang paling Alloh sukai dari semua amal adalah Dzikrulloh Ta'ala. Alloh menciptakan dunia ini, adalah agar kita bisa diperlihatkan bahwa Alloh adalah Maha Kuasa dan juga Alloh lah yang paling pantas untuk disembah.

Jadi seharusnya yang paling sulit dalam hidup ini adalah, sulit lupa kepada Alloh Ta'ala. Tetapi kenyataan justru kita susah mengingat kepada Alloh Ta'ala, bahkan pada sholat pun terkadang kita lupa kepada Alloh Ta'ala.

Alloh Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram."

(QS. Ar-Ra'd 13: Ayat 28)

Jadi kalau ingin belajar Istiqomah maka belajarlah Istiqomah dalam Dzikrulloh Ta'ala. Karena jika kita sudah istiqomah dengan amalan Dzikrullah, maka amalan-amalan lain pun akan mengikuti dengan sendirinya.

Jika seseorang banyak berdzikrulloh, maka pasti Alloh akan membantu segala urusan kita. Karena inti dari masalah kita yang paling besar adalah karena kita sering lupa untuk mengingat Alloh Ta'ala. Padahal Alloh sudah berjanji bahwa Alloh akan menolong siapapun yang bisa mengingat Dia selalu.

Alloh lah yang mengatur segala hal yang ada di jagat raya ini, begitu juga dengan segala aktivitas dan juga permasalahan yang kita dapatkan, pasti Alloh lah yang mengaturnya. Oleh karena itu mintalah pertolongan kepada Alloh, karena Alloh Ta'ala lah yang paling mengetahui cara agar menyelesaikan permasalahan kita.

Perbuatan yang sangat sia-sia adalah seseorang yang lisannya sibuk dengan Dzikrulloh, tapi hati dan tujuannya bukan kepada Alloh Ta'ala. Justru cenderung hanya ingin dilihat dan dipuji oleh orang lain. Maka perbuatan itulah yang merusak amalan dzikrulloh seseorang, bahkan dibenci oleh Alloh Ta'ala.

Cukuplah dengan Dzikrulloh yang sudah diajarkan oleh Rasulullah, karena sudah banyak cara Dzikrulloh yang diajarkan oleh Rasulullah. Maka lakukanlah dengan hati yang  benar, tulus hanya kepada Alloh Ta'ala. Serta pada tempat dan waktu yang sesuai. Jangan sampai orang lain merasa terganggu kepada apa yang kita lakukan.

Mengamalkan perintah Alloh adalah Dzikrulloh, selama niatnya hanya kepada Alloh  Ta'ala. Bukan untuk perkara dunia apalagi diniatkan agar bisa dipuji dan dikagumi oleh orang lain. Karena jika perbuatan Dzikrulloh diniatkan agar bisa dikagumi dan dilihat oleh orang lain, maka perbuatan ini adalah perbuatan yang sangat dibenci oleh Alloh Ta'ala.


Jadi kalau ingin dzikrullah tidak cukup dari hal batiniyah saja tapi juga yang terpenting adalah dari hati seseorang itu sendiri. Hati harus selalu ingat kepada Alloh Ta'ala dan jangan sampai hati ini berpaling kepada selain Alloh Ta'ala. Apalagi yang menjadi niat adalah dari pujian dan kekaguman orang lain.

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment