Jenis - Jenis Hati Manusia (We see human, but not humanity)

Assalamualaikum,

Masih banyak sering kita lihat, kenapa manusia itu punya hati, tapi masih nyakitin orang lain. Kenapa kita punya hati, tapi penuh dengan kekuasaan. Kita terlihat sebagai seorang manusia tapi tidak manusiawi. Dan masih banyak lagi pertanyaan tentang kenapa hidup ini kuat ka riweh hanya karena kita belum bisa menata hati?

Aa Gym sering katakan jika yang sebenarnya krisis kemanusiaan adalah  krisis akhlak, politikus yang berakhlak buruk yang menjadikan perpolitikan jadi buruk, pembisnis yang akhlaknya buruk yang menjadikan perekonomian jadi buruk. Orang yang akhlaknya kurang baik akan kurang nyaman dari raut mukanya, tutur katanya dan sikapnya.

Akhlak itu datangnya dari hati, jika hatinya baik, maka baik segalanya dan jika hatinya buruk maka buruk perilakunya. Sayangnya sedikit orang yang mempelajari ilmu hati, dan lebih sedikit lagi orang yang gigih menata hati.

Hati di bagi menjadi 3: (Dari KH. Abdullah Gymnastiar)

1. Qolbun Mayyit 

Hati yang mati, makanya orang yang hatinya mati, dia akan mengedepankan nafsu dan setan sehingga ia tertutup dari nasihat dan mengenal Alloh Subhanahu Wa Ta'ala. Sudah tidak tahu baik buruk, yang dia tahu hanya mengedepankan nafsu, ini lebih buruk dari binatang.

2. Qolbun Maridh 
Hati yang sakit. Hidupnya lebih sengsara daripada orang yang sakit dari lahir, itu ada orang sehat walafiat tapi kenapa bunuh diri, maka yang sakit adalah hatinya. Hatinya senantiasa dipenuhi penyakit hati seperti riya', hasad, suka ghibah, sombong dan serakah.

3. Qolbun Salim 
Hati yang selamat, sehat. Hati ini hidup, bersih, senantiasa terbuka untuk nasihat kebaikan, penuh ketaatan, sehingga menjadikan pemiliknya berjiwa tenang.

Nah, bagian mana kita teh? 

Jazakallah,

Wassalamualaikum, 

0 comments:

Post a Comment