Aa Gym: Cara Menyikapi Orang yang Tidak Suka dengan Kita

Assalamualaikum,

Bergaul dengan sesama manusia (habluminannas) itu harus karena habluminallah, baru akan terasa nyaman. Jadi, ada habluminallah (hubungan dengan Alloh) dan ada habluminannas (hubungan dengan sesama manusia).

Bergaul dengan manusia akan menyenangkan kalau karena urusan dengan Alloh. Karena manusia itu unik, tiap orang berbeda-beda karakternya maka kita harus memiliki keterampilan menyikapi orang yang berbeda. Kita tidak bisa memukul rata sama, contoh kita ingin disukai setiap orang, itu tidak mungkin, karena Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam saja orang yang paling mulia akhlaknya ada yang tidak suka apalagi kita.

Sikap apapun dari orang lain itu akan bermanfaat bagi kita kalau kita menyikapinya dengan tepat. Ada yang suka dengan kita, ada yang netral dan ada yang tidak suka.

Berikut ini ada beberapa teknik menyikapi orang yang tidak menyenangkan kepada kita:

1. Jadikanlah ini sebagai ladang ilmu,
Disaat ada orang lain yang tidak suka kepada kita (nyinyir), kita jadi tahu kalau perbuatan seperti itu tidak boleh kita lakukan, seperti dapat ilmu kalau perilaku nyinyir itu perbuatan jelek, membuat tidak enak dan bukan akhlak yang baik.

2. Jadikanlah sebagai ladang evaluasi diri.
Jangan-jangan ini adalah buah dari 'kenyinyiran' kita kepada orang lain. Tanpa disadari mungkin kita pernah berbicara sesuatu yang menyakiti hati orang lain. Kita harus yakin semuanya didengar oleh Alloh, dan semuanya ada balasannya. Mungkin ini adalah balasannya, kita disakiti orang karena kita suka menyakiti orang lain.

3. Jadikanlah sebagai ladang ujian,
selama ini kita tahu ilmu sabar, tetapi dipraktekkan atau tidak. Jadi ujian ini untuk mengukur ilmu yang kita pelajari selama ini dipraktekkan tidak oleh kita. Ujian itu penting, kalau tidak ada ujian, tidak akan naik derajat kita.

4. Jadikanlah sebagai ladang riyadhoh,
Latihan bagaimana menyikapi sikap buruk orang lain sebagai ladang untuk mengamalkan ilmu yang ada. Karena ilmu itu belum menjadi apa-apa, ilmu akan menjadi apa-apa itu kalau dengan ilmu bisa meningkatkan iman, ilmu itu meningkatkan amal. Apa artinya ilmu kalau tidak ada manfaat.

5. Jadikanlah sebagai ladang amal,
orang lain berkata jelek, kita maafkan. Tolak keburukan dengan cara yang lebih baik dengan amal. Selain memaafkan kita juga memohonkan ampunan untuknya, doakan kebaikan. Dia berbuat jelek, kita tetap berbuat baik. Jangan mau diatur oleh keburukan orang lain, karena yang kembali kepada kita adalah apa yang kita lakukan.

InsyaaAlloh kalau kita berubah menjadi lebih baik, dan ikhlas memperbaiki dirinya, mudah-mudahan dengan kita ikhlas memperbaiki diri sudah menjadi jalan orang lain untuk menjadi lebih baik. Karena orang lain pun akan merasakan kenyamanan ada didekat kita dan melihat, mendengar, merasakan dan kalau kita berubah menjadi lebih baik insyaaAlloh lingkungan sekitar kita pun akan berubah menjadi lebih baik.

Maka mulailah melakukan perbaikan di negeri ini dengan 3 M.
1. Mulai dari diri sendiri
2. Mulai dari hal yang kecil
3. Mulai dari saat ini.

Jazakallah,

Wassalamualaikum,

(Resume Kajian Aa Gym)

0 comments:

Post a Comment