Aa Gym: Jenis-Jenis Kenikmatan Manusia



Assalamualaikum,

Kenikmatan itu ada tiga:

1. Nikmat penciptaan
2. Nikmat pemeliharaan
3. Nikmatnya hidayah Islam

Tidak semua manusia yang berdoa mendapatkan hidayah, tingkatan-tingkatan orang yang mendapatkan hidayah yaitu :

1. Orang yang bersyahadat
2. Orang yang hanya tahu Alloh
3. Orang yang yakin bahwa dirinya akan selalu dilihat oleh Alloh

Orang yang Ikhsan itu adalah orang yang yakin bahwa kemana pun dia berada, akan selalu dilihat oleh Alloh.

Bahagia itu berbanding lurus dengan keyakinan kita kepada Alloh. Semakin kita yakin kepada Alloh, maka semakin bahagia hidup kita. Begitu pula sebaliknya, semakin kita tidak yakin kepada Alloh, maka hidup kita akan semakin tidak bahagia.

Yang terpenting dari pemberiaan Alloh adalah mensyukurinya, dan juga dapat mengenal karunia-karunia Alloh tersebut. 

Jangan pernah ribut dengan karunia yang diberikan, karena karunia yang paling terbaik adalah kita bisa mengenal bahwa yang memberikan karunia kita adalah Alloh Ta'ala.

Nikmat yang terbaik bukanlah dari hal terkabul atau tidak terkabulnya keinginan. Tapi nikmat yang terbaik adalah datang dari nikmatnya mengenal Alloh Ta'ala yang dapat mengabulkan dan yang tidak mengabulkannya.

Jadi tugas kita adalah melihat kebesaran Alloh, melihat segala penciptaan Alloh. Jika Alloh mengabulkan permintaan kita maka Alloh telah menunjukan kasih sayangnya, dan jika tidak dikabulkan maka Alloh sedang memperlihatkan kekuasaannya.

Apalah pentingannya yang kita inginkan, yang paling penting adalah yang memang berasal dari segala semua ketentuan-ketentuan Alloh. Tugas kita hanyalah berikhtiar, dan orang yang paling bagus ikhtiarnya adalah yang dibimbing oleh Alloh Ta'ala.

Bersyukurlah dengan yang diberi kelapangan oleh Alloh. Dan salah satu bentuk rasa syukur kita adalah dengan membantu saudara kita yang sedang dalam keadaan masalah.

Semoga bermanfaat,

Wassalamualaikum,

(Resume Kajian Aa Gym)

0 comments:

Post a Comment