Aa Gym: Pentingnya Amalan Hati

Assalamualaikum,

Abu Bakar adalah bukan seorang yang fakir, Abu Bakar juga tidak mengalami penyiksaan,Abu Bakar juga tidak mengalami serangan musuh,
Abu Bakar juga tidak terbunuh syahid,
Tetapi Abu Bakar adalah yang paling utama disisi Alloh dibanding yang lain.

Apa yang menyebabkan Abu Bakar begitu utama?
Abu Bakar tidak mengalahkan kalian dengan sholat dan puasa, tetapi beliau mengalahkan kalian dengan sesuatu yang terhujam di dalam hatinya.

Amalan hati itulah intinya, amalan hati itulah yang membuat beliau sampai di tingkatan yang tidak dicapai oleh cita-cita dan harapan umat pada umumnya. Amalan hati itulah yang membuat iman Abu Bakar Ash-Shiddiq jika ditimbang dengan keimanan penduduk bumi maka akan dikalahkan.

Iman itu terdiri dari:
1. Amalan Hati
2. Ucapan Lisan
3. Perbuatan Anggota Badan

Akan tetapi kita seringkali lebih menampakan amalan lahiriyah, ucapan lisan dan badan yang nampak daripada inti dari amalan itu yaitu hati.

Setiap ibadah ada hakikat dan tampilannya.
1. Sholat
Tampilan sholat adalah berdiri, ruku, sujud serta rukun-rukun lainnya. Tapi inti dari sholat adalah khusyu'.
2. Puasa
Tampilan puasa adalah menahan diri dari yang membatalkan, dari terbit fajar sampai tenggelamnya matahari. Itu tampilan lahiriyah shaum kita. Tapi inti dari shaum adalah ketakwaan, bagaimana hati kita tambah yakin ke Alloh, tambah patuh dan pasrah.
3. Haji
Tampilan dari haji adalah berpakaian ihram, tawaf, sa'i, wukuf di arafah, muzdalifah, mina lempar jumroh. Tapi hakikat paling dalamnya adalah memuliakan syiar-syiar agama Alloh.
4. Dzikrullah
Tampilan dzikrullah adalah mengucapkan tasbih, tahlil, tahmid. Tapi inti dari dzikrullah adalah mengagungkan Alloh, mencintai Alloh, khauf dan roja kepada Alloh.

Sesungguhnya amalan hatilah yang lebih dulu diterima Alloh daripada amalan lahiriyah.

Jazakallah,

Wassalamualikum,



(Resume Kajian Aa Gym)

0 comments:

Post a Comment