Aa Gym: Amalan Istighfar

Assalamualaikum,

Suatu saat ada yg datang kepada Syaikh Hasan Al-Bashri lantas menanyakannya, "syaikh apakah ada amalan khusus untuk menghadapi kekeringan ini " lalu lantas syaikh menjawab " perbanyaklah Istighar ". lalu syaikh didatangi oleh sahabat lain lantas menanyakan, " Ya Syaikh saya miskin maka amalan apa yang saya harus lakukan " Lalu Syaikh menjawab " Perbanyaklah beristighar ",  lalu Syaikh didangi oleh sahabat-sahabatnya kembali mengenai hajat hajat nya yaitu, belum ada anak dan juga belum ada panen. Dan Syaikh tetap menjawab " Perbanyaklah beristighar". Setelah kejadian itu lantas ada yang bertanya kepada Syaikh, " Ya Syaikh, mengapa setiap ada yang menanyakan hajat kepadamu maka jawabanmu dijawab dengan jawaban beristigharlah. Syaikh menjawab "sungguh ucapanku adalah berasal dari perintah Alloh Ta ala dalam surat An-Nuh ayat 10 "

Allah SWT berfirman:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْۗاِنَّهٗ كَا نَ غَفَّارًاۙ
fa qultustaghfiruu robbakum innahuu kaana ghoffaaroo

"maka aku berkata (kepada mereka), Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Maha Pengampun,"

(QS. Nuh 71: Ayat 10)

Dalam HR. Ahmad , barangsiapa yang memperbanyak istighfar Alloh akan memberi kelapangan hidup, Alloh akan memberikan pertolongan dan juga Alloh akan membuka rezeki-rezeki yang datang tanpa terduga.

Rasulullah shalllahu alaihi wa salam, beristighar sebanyak 70 dan ada riwayat lain mengatakan 100 kali istighar

Sayang sekali tidak banyak orang yang mengamalkan amalan Istighar ini, padahal sungguh banyak fadilah-fadilah yang bisa kita dapatkan dari amalan ini, oleh karena itu jadilah orang yang senantiasa mengamalkan amalan istighar ini.

Masalah terbesar yang kita hadapi adalah dari dosa yang tidak kita tobati. Kadang kita lebih sibuk dengan memikirkan dosa orang lain padahal kita lupa bahwa kita memiliki dosa yang lebih penting kita tobati. Oleh karena itu orang yang sibuk memikirkan dosa diri sendiri, hidupnya tidak akan bisa menjadi tenang karena dalam hidupnya akan selalu terbayang dan terpikirkan akan dosa-dosa orang lain. 

Sungguh lebih baik kita tidak tahu tapi kita menjadi baik, daripada menjadi tahu tapi tetap tidak baik.


Oleh karena itu marilah kita amalkan amalan yang luar biasa ini yaitu Istighfar minimal 100 kali, dan semoga dengan istighar ini, hidup kita akan lebih tenang, bahagia, dan juga akan mendapatkan kebaikan-kebaikan yang ada didalamnya, Aamiin Ya Robbal alamin.

Jazakallah,

Wassalamualaikum,



(Resume Kajian Aa Gym)

0 comments:

Post a Comment