Aa Gym: Bahaya Lisan

Assalamualaikum,

Penghuni neraka itu sebagiannya adalah berasal dari orang-orang yang salah dalam berkata-kata. Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan sebuah kata-kata. Karena seseorang akan bisa menjadi Islam pun, salah satunya adalah dengan menyebutkan sebuah kata.

Jadi keterampilan yang paling penting dalam hidup ini salah satunya adalah, bisa menjaga setiap apa yang dikeluarkan oleh lisan kita. Karena dengan lisan pun, banyak yang bisa kita pengaruhi dan juga bisa merubah suatu kondisi. Maka dari itu, seorang muslim yang baik, pilihan dalam perkataannya hanya dua, yaitu berkata baik atau diam. 

Ingatlah bahwa setiap apa yang kita katakan adalah sebuah tanda bahwa kita sedang menunjukkan sesuatu apa yang sebenarnya menjadi diri kita. Tentu tidak sulit pula jika kita bisa menjaga lisan, karena pilihan seseorang muslim hanyalah dua, yaitu jika ingin berkata baik maka keluarkan dan jika tidak maka cukup saja dengan diam. 

Maka sesungguhnya orang yang banyak berbicara harus bisa lebih berhati-hati, karena itu bisa menjadi bencana untuk dirinya. Inti dari seseorang yang banyak berbicara biasanya adalah dikarekan dia ingin mencari kedudukan di sisi makhluk. Karena biasanya pembicaraannya selalu dibumbui dengan kata-kata yang menjunjung diri sendiri. Berhati-hatilah karena berbicara itu bisa membuka aib seseorang.

Rumus dalam berbicara yang harus kita lakukan adalah  TENSOFALES

1. Tenang
2. Sopan
3. Fasih
4. Lembut
5. Secukupnya

Wassalamualaikum,

(Resume Kajian Aa Gym)

0 comments:

Post a Comment