Aa Gym: Nafsu

Assalamualaikum,

Semoga Alloh menggolongkan kita menjadi orang yang bisa mengendalikan nafsu,  karena nafsu secara umum berlawanan dengan apa yang Alloh sukai, orang bisa jadi celaka bisa jadi karena diperbudak oleh nafsunya. 

Kajian Kitab Al Hikam no 117

"Tidak dikhawatirkan kepadamu kebingungan menempuh jalan tetapi yang dikhawatir atasmu adalah menangnya hawa nafsu atas akal dan iman"

Nafsu didalam hidup ini diciptakan oleh Alloh,  tapi tidak untuk dituruti kecuali nafsu yang dirahmati oleh Alloh. 

Dalam hidup ini ada 4 kejadian,  kalau kita benar menyikapinya maka nafsu akan kalah.  

1. Kalau kita melakukan taat & kebaikan itu kuncinya adalah Ikhlas

nafsu membuat kita lebih suka mengharapkan sesuatu dari makhluk. Jadi yang Alloh sukai itu adalah ikhlas. Nafsu membuat kita lebih suka untuk diketahui,  dipuji, dikagumi,  dibalas budi dan berharap dari makhluk sampai lupa berharap kepada Alloh inilah nafsu.  Padahal yang hanya bisa memberi kepada kita itu hanyalah Alloh saja.  

Berharap dari makhluk itu benar benar bagian dari nafsu,  maka makin kuat kita berharap kepada makhluk, maka Alloh berikan gelisah sebagai alarm dari hidup kita. Maka saat hati kita mulai tidak nyaman, kita harus langsung periksa hati kita. 

2. Kita pasti punya dosa, orang yang diperalat oleh  nafsu akan menganggap enteng dosa seperti lalat saja. Maka kalo kita rasa bahwa setiap berbuat dosa kita biasa saja, berarti kita sudah terpedaya oleh nafsu.  Padahal semakin kita berbuat dosa semakin hati kita tertutup oleh titik hitam yang kiat banyak menutupi hati hingga sulit merasakan nikmat dan tenangnya ibadah. Maka berhati hatilah dengan dosa. Dan bertobat jika kita terjerumus kepada dosa. 

Dan kita harus bersyukur kepada orang-orang yang senantiasa mengkoreksi kita, yang menegur kita saat kita berbuat tidak benar yang membuat kita ingat kepada Alloh. 

3. Kita akan dapat nikmat, tetapi nafsu sangat tidak menyukai kita mensyukuri nikmat tersebut

Padahal janji dari Alloh itu nikmat itu ditambah bukan saat banyak keinginan tapi nikmat itu bertambah karena banyak berasyukur. 

Maka sebetulnya hidup yang paling nikmat itu adalah saat kita bersyukur.  Sebetulnya setiap nikmat yang kita dapat belum jadi kebaikan jika kita belum syukur.  

Sebetulnya kita itu menderita bukan karena kurang karunia,  tapi kita ini menderita karena kurang bersyukur.

4. Kita ini pasti diuji oleh Alloh dengan "sedikit"

Alloh SWT berfirman:

وَلَـنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَـوْفِ وَا لْجُـوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَا لِ وَا لْاَنْفُسِ وَا لثَّمَرٰتِۗوَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَۙ

"Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,"
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 155)

Musibah itu sudah kecil,  kalau kita sikapi dengan sabar dibelakang akan ada nikmat yang besar.  Kalau kita tidak sabar maka kita akan kehilangan banyak hal kehilangan ampunan,  rahmat,  petunjuk  dll. 

Rahasia menjadi orang yang senantiasa sabar
Sabar itu diantara kuncinya adalah 
Innalillahi wa inna ilaihi rajiun

ada 2 :
1. Tidak merasa memiliki kecuali hanya milik Alloh
2. Tidak ada tempat kembali kepada selain Alloh.  

Ingatlah bahwa semuanya adalah titipan dari Alloh dan semua akan kembali kepada-Nya

Wassalamualaikum,

(Resume Kajian Aa Gym)

0 comments:

Post a Comment