Aa Gym: Melewati Takdir

Assalamualaikum,

Cara agar bisa senantiasa melewati takdir yang ada

1. Kita harus benar-benar yakin dengan Takdir Alloh.

Kalau kita sudah yakin dengan Alloh Ta'ala maka berhusnudzon akan bisa lebih mudah, dan kemudahan itu tidak bisa didapatkan kecuali dengan niat yang baik. 

Dan Ikhtiar adalah bentuk perbuatan kita untuk bisa yakin kepada Alloh Ta'ala, caranya adalah dengan melakukan yang terbaik dan juga dengan cara yang terbaik.

Kita sering berbelok-belok dengan apa yang kita yakini dengan takdir Alloh Ta'ala. Padahal yakinlah bahwa itu adalah bentuk takdir yang paling baik untuk kita. 

2. Kalau sudah terjadi maka kita harus Ridho

Bagi seorang yang beriman, semua urusan yang ada pada hidupnya adalah baik. Karena orang-orang yang beriman itu diberikan rasa syukur dan juga sabar, sehingga segala sesuatu berubah menjadi sebuah kebaikan.

Yang paling enak dalam hidup ini adalah bisa menerima segala takdir yang Alloh Ta'ala berikan kepada kita. Apapun takdir yang diberikanNya, sambil kita mulai juga untuk bergerak kepada takdir yang lainnya.

3. Jangan mempersulit diri

Karena salah satu orang yang akan diharamkan oleh api neraka adalah orang orang yang tidak mempersulit diri, baik kepada diri sendiri maupun orang lain.

4. Evaluasi diri

Alloh Ta'ala berfirman:

مَاۤ اَصَا بَكَ مِنْ حَسَنَةٍ فَمِنَ اللّٰهِۖوَمَاۤ اَصَا بَكَ مِنْ سَيِّئَةٍ فَمِنْ نَّـفْسِكَۗوَاَرْسَلْنٰكَ لِلنَّاسِ رَسُوْلًاۗوَكَفٰى بِا للّٰهِ شَهِيْدًا
"Kebajikan apa pun yang kamu peroleh adalah dari sisi Alloh dan keburukan apa pun yang menimpamu, itu dari (kesalahan) dirimu sendiri. Kami mengutusmu (Muhammad) menjadi Rasul kepada (seluruh) manusia. Dan cukuplah Alloh yang menjadi saksi."

(QS. An-Nisa' 4: Ayat 79)

Kalau ada kepahitan dari segala apapun yang ada pada kita, maka segeralah untuk mengevaluasi diri kita. Karena segala kepahitan yang kita alami, bisa jadi karena ada keburukan atau dosa yang pernah kita lakukan. Oleh karena itu segala kepahitan harus bisa jadi jalan kebaikan kita bagi kita sendiri.

5. Cukuplah Alloh Ta'ala sebagai penolong kita

Semua yang ada di jagat raya ini adalah dari kepemilikan Alloh Ta'ala. Oleh karena itu, segala yang ada di dunia ini, yang hanya bisa menolong adalah hanya Alloh Ta'ala. Oleh karena itu mulailah untuk bisa benar-benar yakin kepada pertolongan Alloh Ta'ala, karena Alloh Ta'ala akan menolong orang-orang yang yakin kepada Alloh Ta'ala.

Dan jangan lupa pula agar kita bisa bertobat selalu, dan juga bisa menjauhi maksiat, serta bisa meningkatkan ketaatan yang ada, dan yang paling penting adalah selalu menebar manfaat kepada seluruhnya yang ada di muka bumi ini.

Alloh Ta'ala berfirman:

وَاِ نْ يَّمْسَسْكَ اللّٰهُ بِضُرٍّ فَلَا كَاشِفَ لَهٗۤ اِلَّا هُوَۚوَاِ نْ يُّرِدْكَ بِخَيْرٍ فَلَا رَآ دَّ لِفَضْلِهٖۗيُصِيْبُ بِهٖ مَنْ يَّشَآءُ مِنْ عِبَادِهٖۗوَهُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
"Dan jika Alloh menimpakan suatu bencana kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Alloh menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tidak ada yang dapat menolak karunia-Nya. Dia memberikan kebaikan kepada siapa saja yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Dia Maha Pengampun, Maha Penyayang."


(QS. Yunus 10: Ayat 107)

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment