Aa Gym: Yakin

Assalamualaikum,

Jika kita sudah yakin kepada Alloh sudah pasti akan tenang hidup ini, apapun yang kita inginkan pasti seluruhnya milik Alloh ada dalam genggaman-Nya.

Sahabat masih ingat 4 golongan yang dijamin tidak akan tersentuh api neraka yaitu:

1.Hayyin
Orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan dzahir maupun batin. Tidak labil gampang marah, grusah-grusuh dalam segala hal, penuh pertimbangan. Tidak gampangan memaki, melaknat dan ngamuk tersulut berita yang sampai padanya.

2. Sahl
Orang yang baik hati memudahkan urusan, tidak mempersulit sesuatu. Selalu ada solusi bagi setiap permasalahan. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan dan membuat orang lain lari dan menghindar.

3. Layyin
Orang yang lembut dan kalem, baik dalam bertutur-kata atau berbuat. Tidak kasar, main cantik sesuai aturan, tidak semaunya sendiri, segalanya tertata rapi. Tidak galak yang suka memarahi orang yang berbeda dan tidak mentolerirnya sedikitpun. Identik tidak suka melakukan pemaksaan pendapat.

4. Qorib
Supel, akrab, ramah diajak bicara, menyenangkan orang yang diajak bicara. Tidak acuh tak acuh, cuek-bebek, gampang berpaling. Biasanya murah senyum jika bertemu dan wajahnya berseri-seri dan enak dipandang.

Dari Abdillah bin Mas’ud radhiyallahu anhu ia berkata: telah bersabda rasulullah shallallahu alaihi wa sallam: 

“Maukah kamu aku tunjukkan orang yang diharamkan neraka baginya?

Para sahabat menjawab: 
tentu saja wahai Rasulallah!

Beliau shallallahu alaihi wasallam menjawab: 
“(Haram tersentuh api neraka orang yang) Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl“.
(HR At Tirmidzi)

*
Ayoo.. sahabat selalu baca hati kita kalau sudah gelisah, risau itu artinya tidak nyambung kepada Alloh. Semua masalah itu sepenuhnya dalam kekuasaan Alloh dan bisa selesai hanya dengan bimbingan-Nya.


Kita tidak dirancang untuk menyelesaikan sendiri tapi kita dirancang mengembalikan urusan kepada Alloh lalu Alloh membimbing kita untuk menyelesaikan masalah

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment