Aa Gym: Unggul

Assalamualaikum,

Rasulullah SAW adalah manusia yang unggul,  dan sangat berprestasi.  Dan keunggulan ini yang harus kita teladani dan kita contoh. 

Berikut adalah
5 kiat agar potensi keunggulan kita bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

📍 1. Mempunyai percepatan
Orang itu akan unggul jika dapat  memanfaatkan waktu dengan baik. Setiap orang memiliki waktu yang sama orang yang unggul dapat memanfaatkan waktunya dengan baik, penuh kemanfaatan, dan orang yang tidak unggul cenderung tidak bisa memanfaatkan waktunya, tidak manfaat. 

Rumusnya Waktu sama tapi isi beda.

📍 2. Masuki sistem dan lingkungan yang unggul/kondusif
Jika kita ingin memiliki pribadi unggul,  salah satunya adalah dengan masuk kepada lingkungan yang unggul, lingkungan yang paling mengenal, patuh dan taat kepada Alloh.  

JSG (Jangan Salah Gaul)

📍 *3. Bersaing positif ﻓَﺎﺳْﺘَﺒِﻘُﻮﺍْ ﺍﻟْﺨَﻴْﺮَﺍﺕِ *

Adanya kompetitor itu adalah karunia dari Alloh. Kegagalan saat kita ingin menjadi unggul adalah saat kita menganggap kompetitor itu sebagai ancaman,  padahal adanya kompetitor bisa menjadi asset yang bisa membuat kita terus berkembang.  

Kuncinya jangan dengki
SMS (Susah melihat orang lain senang,  Senang melihat orang lain susah) 

📍 4. Sinergi

Kalau kita bisa bekerjasama/berkolaborasi dengan orang lain, maka akan ada hasil yang baik. Kita akan unggul jika kita mempunyai kemampuan untuk bersinergi dengan orang lain. Karena kita hidup di dunia ini tidak bisa sendiri,  harus bisa bekerjasama dengan orang lain. 

📍 5. Qolbun Salim (hati yang bersih)
Orang yang menjadi pribadi unggul, selain memiliki 4 faktor diatas jika ingin memiliki pribadi yang unggul harus memiliki hati yang bersih (qolbun salim).

Kuncinya
Tidak ingin dipuji,  jangan takut dicaci

  Cara ingin mendapatkan qolbun salim adalah

a. Dari paham agama
Caranya adalah dengan belajar, karena dengan belajar agama kita jadi tau apa yang Alloh sukai dan apa yang tidak Alloh sukai

b. Mujahadah
Selalu berjuang untuk untuk selalu berlatih mengamalkannya. Makin sering kita berlatih dengan ilmu yang kita pelajari maka hati kita semakin tenang,  dan semakin dekat dengan pribadi unggul

Dan perbanyak dzikir, baca Al Quran karena sesungguhnya hati kita bisa berkarat,  dan cara agar bersih adalah dengan berdzikir, membaca Al Quran, ibadah dan berdoa.

Menjadi unggul itu bukan berarti sombong, tetapi menjadi unggul agar bisa lebih bermanfaat bagi orang lain. 


“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad)

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment