Gudang

Assalamualaikum,

✨Setiap manusia gudangnya salah,  tapi yang salah adalah saat kita tidak jujur dengan kesalahan yang kita perbuat.  Karena tidak jujur itu sudah masuk wilayah orang yang munafik. 

Munafik itu ada 3 cirinya
1. Kalau bicara dia dusta
2. Kalau berjanji dia tidak menepati
3. Kalau diberi amanah dia Khianat

Dan munafik terbagi dalam 2 jenis
1. Munafik akidah,  menampakan islam tapi tidak islam.
2. Munafik akhlak, kita berusaha benar, beribadah tapi masih sering berkata bohong. 

✨ Kalau kita bergaul dengan manusia rumusnya
2B2L

✨"B" yang pertama
1. Berani mengakui jasa & kebaikan orang lain
Kelebihan orang lain adalah karunia dari Alloh,  dan bisa jadi orang itu menjadi jalan untuk kita belajar lebih banyak. Dan setiap bertemu dengan orang yang memiliki kelebihan ini harus kita akui dan terimakasihi. 

Dan lawan dari "B" yang pertama ini adalah dengki, 
Cirinya dengki itu SMS; Susah melihat orang senang,  senang melihat orang susah. 

Dan pantangannya adalah pantang melupakan jasa dan kebaikan orang lain. Karena dengan begitu menjadi jalan kita bersyukur kepada Alloh,  karena telah mempertemukan kita dengan orang yang menjadi jalan kebaikan kepada kita. 

✨"B" yang kedua
2. Bijak terhadap kekurangan & kesulitan orang lain

Tidak mungkin ada orang yang selalu benar dan jauh dari kekurangan.  Saat melihat kekurangan teman itu adalah jalan amal bagi kita jika kita mensikapinya dengan bijaksana. Jadi saat ada teman membuat kesalaha kepada kita, Kita harus tetap baik,  dinasihati secara pribadi dan jangan mengungkit ungkit kesalahan yang lalu,  kemudian maafkan dan maafkan sebelum dia meminta maaf. 

Jadi jika kita ingin diperlakukan dengan baik,  maka kita harus memperlakukan orang lain dengan baik pula. 

✨"L" yang pertama
3. Lupakan jasa & kebaikan diri kepada orang lain
Kenapa kita harus melupakan kebaikan kita? 
Karena sejatinya yang berbuat baik itu Alloh,  dan kita hanya menjadi jalan kebaikan dari Alloh. Kalau kita yakin bahwa kebaikan yang kita lakukan adalah datang dari Alloh,  dan tidak mengaku ngaku maka Alloh akan berikan amal kebaikan dan kemuliaan. 

"L" yang kedua
4. Lihat kekurangan & kesalahan diri
Yang membahayakan dalam hidup kita ini,  sesungguhnya adalah dosa & kesalahan kita sendiri. Dan kesalahan terbesar kita adalah saat kita sibuk dalam memikirkan dosa dan keburukan orang lain.

Orang yang sibuk memikirkan dosa dan kebirukan orang,  maka dia akan lalai terhadap kesalahan orang lain maka dia tidak akan bisa memperbaiki diri.  Dan orang yang tidak bisa memperbaiki diri, dia tidak akan bisa memperbaiki orang lain dengan benar.

✨ Maka sibuklah dalam memperbaiki diri. 

Sikapi semua ini dengan cara tepat,  maka dalam bergaul ini bisa senantiasa membawa kebaikan bagi kita,  dan bagi orang lain.  Bagi dunia dan insyaallah bagi akhirat pula. 

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment