Aa Gym: Wasiat

Assalamualaikum,

Salah satu Wasiat Nabi berupa doa yang diberikan kepada Puteri tercinta beliau, Fatimah Az-Zahra, terdapat dalam kitab at-Targib wa at-Tarhib karya Imam al-Mundziri:

ﻭﻋﻦ ﺃﻧﺲ ﺑﻦ ﻣﺎﻟﻚ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻟﻔﺎﻃﻤﺔ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﺎ ﻣﺎ ﻳﻤﻨﻌﻚ ﺃﻥ ﺗﺴﻤﻌﻲ ﻣﺎ ﺃﻭﺻﻴﻚ ﺑﻪ ﺃﻥ ﺗﻘﻮﻟﻲ ﺇﺫا ﺃﺻﺒﺤﺖ ﻭﺇﺫا ﺃﻣﺴﻴﺖ ﻳﺎ ﺣﻲ ﻳﺎ ﻗﻴﻮﻡ ﺑﺮﺣﻤﺘﻚ ﺃﺳﺘﻐﻴﺚ ﺃﺻﻠﺢ ﻟﻲ ﺷﺄﻧﻲ ﻛﻠﻪ ﻭﻻ ﺗﻜﻠﻨﻲ ﺇﻟﻰ ﻧﻔﺴﻲ ﻃﺮﻓﺔ ﻋﻴﻦ. ﺭﻭا اﻟﻨﺴﺎﺋﻲ ﻭاﻟﺒﺰاﺭ ﺑﺈﺳﻨﺎﺩ ﺻﺤﻴﺢ ﻭاﻟﺤﺎﻛﻢ

Artinya: Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA yang berkata bawah Rasulullah bersabda kepada Siti Fatimah, tak ada sesuatu yang menghalangimu untuk mendengarkan  wasiat yang aku akan sampaikan, yaitu ketika waktu pagi dan petang maka baca doa ini:

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ، وَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ

Artinya: “Wahai Dzat yang Maha Hidup, serta Maha Berdiri Sendiri, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan, perbaiki seluruh urusan atau keadaanku, dan janganlah Engkau mewakilkan aku kepada diriku sendiri dalam sekejap mata pun. (HR. Imam An-Nasai, Imam al-Bazzar dengan sanad yang Shahih juga Imam al-Hakim).

Ini penting sekali untuk kita pelajari, يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ adalah (Ismullah Al-A'dhom) nama Alloh yang Maha Agung jikalau kita berdoa dengan menyebut nama-Nya niscaya Alloh akan memberi karena يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ ini menjadi muara dari asma-asma Alloh lainnya. 

Ini adalah keyakinan yang harus ada pada diri kita,  bahwa kita ini tidak bisa menyelasikan masalah apapun dengan baik tanpa pertolongan Alloh karena segala-gala urusan itu pasti terjadi karena izin Alloh dan akan selesai jika Alloh yang menyelesaikannya. 

Ayo..  amalkan doa diatas sahabat agar selalu ditolong Alloh Ta'ala.  Urusan sebesar apapun jika ditolong Alloh akan sangat ringan dan begitu pula sebaliknya. 

Wassalamualaikum,

(Resume Kajian Aa Gym)

0 comments:

Post a Comment