Fokus

Assalamualaikum,

ngin berprestasi dalam hidup ini? 
Ada 3 hikmah dari memanah agar dapat berprestasi. Berikut 3 hikmah dalam memanah; 

✨ 1. Target Yang Jelas
Tidak ada target busur akan sia - sia. Jika tidak ada target yang jelas dalam hidup,  maka apa yang kita lakukan akan sia sia dan tanpa tujuan. 

✨ 2. Fokus
Ada target tapi tidak fokus,  tidak akan pernah kena kepada target. Kita didalam hidup ini kurang berprestasi adalah karena kurang fokus.
Fokus itu seperti kaca pembesar, energi dari matahari yang besar dan tersebar tapi jika difokuskan dengan kaca pembesar maka kertas bisa terbakar karena panas dari matahari yang menyebar tadi difokuskan,  saking fokusnya. 

Dahsyatnya Islam 5 kali sehari dalam sholat fardhu menjadi lantihan untuk melatih fokus bagi kita.  Maka kesempatan untuk berprestasi seharusnya lebih besar karena dilatihan 5 kali dalam sehari dalam sholat dan ditambah ibadah ibadah sunnah. 

✨ 3. Disiplin

Tiada prestasi tanpa disiplin

Orang memanah bisa kena target, itu karena disiplin saat belajar memanah,  memanah berulang kali sampai ratusan bahkan ribuan kali saat latihan dalam sehari sampai sampai bisa kena target. 

Dan disiplin yang baik ada pada sholat. Beberapa hal disiplin dari sholat adalah

✨ 1. Disiplin waktu
Seorang muslim tidak boleh bermain main dengan waktu. Waktu tidak akan pernah kembali. Sekali sia sia dengan waktu maka akan sia sia hidupnya.  Jika terampil menggunakan waktu dengan baik dan berkualitas , maka hidupnya akan manfaat dan berkualitas.  Isi waktu dengan apa yang Alloh sukai, maka kita akan mendapatkan bahagia,  selamat dan mulia. 

✨ 2. Disiplin Bersih
Sebelum sholat haruslah bersih dalam hatinya,  dalam pakaian,  bersih tempat ibadahnya,  dan segalanya harus bersih. Maka kita tidak boleh bermain main dengan kekotoran,  karena kotor itu membuat tidak nyaman. Dan orang yang bersih bersih itu bisa bercerita banyak,  bercertia orang yang bertanggung jawab,  menebarkan kebaikan dan menebarkan manfaat dll. 

✨ 3. Disiplin Niat lillahita'ala semata mata mengharap ridho Alloh. 

“Katakanlah sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Alloh Rabb semesta alam” (Q.S al-An’ām : 162)  

Semakin hati ini dipuji dan dikagumi oleh makhluk, Alloh pasti tahu isi hati kita dan Alloh tidak suka maka Alloh simpan di hati kita sebuah kegelisahan. Tapi jika kita hanya mengharap ridho Alloh maka Alloh akan memberikan sakinah dihati kita. 

✨ 4. Disiplin Tertib dan teratur
Orang - orang yang tidak tertib pasti bermasalah. 

✨ 5. Disiplin Fokus
Jika ingin sholatnya bagus,  harus fokus seperti orang yang sedang membuka brangkas. Fokus disetiap bacaan dan gerakan dengan sepenuh hati, dari satu gerakan ke gerakan yang lainnya. 

✨ 6. Disiplin salam,  berharap keselamatan untuk orang lain

Orang yang sholat itu disiplin untuk jaga diri tidak merugikan orang lain, dan ingin keselamatan untuk orang lain. Dan dalam salam terdapat doa untuk mendoakan keselamatan kepada orang yang kita sapa. 


Maka jika kita ingin berprestasi dalam hidup ini adalah harus memiliki fokus, target dan disiplin.

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment