Melihat Hati

Assalamualaikum,

✨ Alloh Ta'ala melihat hambaNya dan dipilih sebagai Nabi berdasarkan hati

إِنَّ اللهَ نَظَرَ فِي قُلُوْبِ الْعِبَادِ فَوَجَدَ قَلْبَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَيْرَ قُلُوْبِ الْعِبَادِ، فَاصْطَفَاهُ لِنَفْسِهِ فَابْتَعَثَهُ بِرِسَالَتِهِ، ثُمَّ نَظَرَ فِي قُلُوْبِ الْعِبَادِ بَعْدَ قَلْبِ مُحَمَّدٍ، فَوَجَدَ قُلُوْبَ أَصْحَابِهِ خَيْرَ قُلُوْبِ الْعِبَادِ فَجَعَلَهُمْ وُزَرَاءَ نَبِيِّهِ يُقَاتِلُوْنَ عَلَى دِيْنِهِ، فَمَا رَأَى الْمُسْلِمُوْنَ حَسَنًا فَهُوَ عِنْدَ اللهِ حَسَنٌ، وَمَا رَأَوْا سَيِّئًا فَهُوَ عِنْدَ اللهِ سَيِّئٌ

“Sesungguhnya Alloh memperhatikan hati para hamba-Nya. 
Alloh mendapati hati Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah hati yang paling baik, sehingga Alloh memilihnya untuk diri-Nya dan mengutusnya sebagai pembawa risalah-Nya. 

Kemudian Alloh melihat hati para hamba-Nya setelah hati Muhammad. 
Alloh mendapati hati para sahabat beliau adalah hati yang paling baik. 
Oleh karena itu, Alloh menjadikan mereka sebagai para pendukung Nabi-Nya yang berperang demi membela agama-Nya. 
Apa yang dipandang baik oleh kaum muslimin (para sahabat), pasti baik di sisi Alloh. Apa yang dipandang buruk oleh mereka, pasti buruk di sisi Alloh.”

 (Diriwayatkan oleh Ahmad dalam al-Musnad, I/379, no. 3600. Syaikh Ahmad Syakir mengatakan bahwa sanadnya shohih)

✨ Sahabat,  jadi penting sekali untuk kita sangat serius memperhatikan kebaikan hati kita. Karena Alloh melihat hati dan amal kita,  dan hati yang didahulukan. 

Banyak orang yang melakukan ibadah tapi lebih ingin mendapat penilaian makhluk daripada penilaian Alloh, Alloh tau isi hati kita.

✨ Sahabat,  ini adalah perkara luar biasa jangan sampai kita berjuang siang malam beribadah mencari ilmu dan melakukan beragam kebaikan tapi tidak terpilih oleh Alloh karena hati kita cenderung tidak dibersihkan. 

Oleh karena itu kita harus punya waktu untuk jujur memeriksa kepada hati kita apakah hati kita ini adalah hati yang baik,  atau hati yang busuk? Hati yang lembut atau hati yang keras?  hati yang tulus atau hati yang sibuk akan pujian orang? 

✨ Hati hati jangan sampai kita lalai dalam memeriksa hati kita sendiri.  Karena derajat disisi Alloh ditentukan oleh kebersihan hati. 

Kita jangan lengah dengan hati kita,  karena ini adalah inti bagi kita untuk menentukan derajat kita disisi Alloh,   dan untuk mendapatkan keselamatan,  kebahagiaan,  kemuliaan dunia akhirat.  

Maka wajib bagi kita untuk mempelajari ilmu hati, terus memeriksa hati,  dan terus bermujahadah untuk bisa membersihkan hati kita.  


Semoga Alloh bersihkan hati kita dan dikaruniakan qolbun salim, dan diberikan nikmatnya bahagia disisi Alloh berkah dari qolbun salim. Dan semoga dengan qolbun salim ini Alloh memuliakan akhlak kita menjadi Akhlakul karimah,  istiqomah,  dan husnul khotimah dan jadi ahlul jannah.  Aamiin yaa Robb

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment