Tenang

Assalamualaikum,

Rasulullah Shallahu'alaihi Wassalam adalah seorang yang Hayyin (sangat tenang)  terpelihara sikapnya, tutur katanya dan apapun yang dilakukan penuh dengan pertimbangan yang matang. 

Beliau senantiasa berdzikir dengan penuh keyakinan kepada Alloh sehingga Alloh menanamkan ketenangan di hatinya dan Alloh pun memberikan kejernihan dalam berpikir, memberikan kemampuan mengendalikan nafsu amarah, itulah buah dari dzikir. 

Sifat Rasulullah yang kedua adalah Layyin (sangat lembut) walapun beliau perkasa,  pemberani dan tidak tertandingi fisiknya tapi beliau sangat lembut, sopan, ramah dan empati dengan penderitaan orang karena kelembutan lahir dari kasih sayang. 

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ(١٥٩)

"Maka berkat rahmat Alloh engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampun untuk mereka, dan bermusyawaralah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Alloh. Sungguh, Alloh mencintai orang yang bertawakal. (Q.S Ali imran 159)

Sifat yang selanjutnya adalah Qorib (sangat akrab/dekat) Rasulullah Shalallahu'alaihi Wassalam dalam bergaul itu sangat menyenangkan karena beliau selalu mengistimewakan sahabat-sahabatnya.  Sifat ini buah dari ketawadhuan (rendah hati) 

Dan Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wassalah adalah seorang yang Sahl (mudah) beliau tidak membuat ribet, rumit dan dipersulit semua urusannya. 


Dan inilah sifat Rasul yang harus kita tiru, karena rosul pun menjanjikan orang yang memiliki sifat (Hayyin, Layyin, Qorib, Sahl)  niscaya tidak akan tersentuh api neraka. Masya Alloh

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment