Kotoran

Assalamualaikum,

Setiap waktu itu kita sebetulnya kita selalu mendapatkan kotoran dari setiap dosa maksiat yang kita lakukan. Karena dosa itu seperti tinta hitam yang mengotori hati kita. Makanya jika kita jarang membersihkannya dengan tobat,  maka hidup kita ini akan menderita dan Alloh buat tidak tenang hati kita. 

Contohnya saja ada saat sholat,  sudah kah khuyuk kita melaksanakannya? Mungkin dalam sholat pun hati kita sering tidak hadir. 

Jika di ibaratkan api,  dosa kita ini bisa jadi seperti kebakaran hutan banyak sekali, maka sebetulnya bisa di padamkan dengan sedekah,  tetapi sudahkah kita bersedekah?  Cukupkah sedekah yang seringnya tidak seberapa itu bisa memadamkan dosa kita? 

Bahayanya jika hati kita sudah dikotori dosa maka, hati kita ini tidak akan tenang,  dan bahanya lagi kita tidak akan bisa mendengarkan hati kita untuk berbuat baik. 

Alloh Maha Pengampun,  sebesar apapun dosa yang pernah kita buat Alloh pasti akan mengampuni, kecuali dosa syirik.  Karena syirik itu sudah menyekutukan Alloh,  menuhakan sesuatu selain Alloh.  Dan salah satu cirinya adalah riya,  karena dia beribadah,  belajar agama, bertobat bukan ingin mendapat ridho dari Alloh,  tapi dia ingin mendapat pengakuan dari orang lain. 

Maka kita harus sangat berhati-hati, kita bertobat,  bukan untuk dilihat orang lain,  tapi kita bertobat benar-benar ingin mendapatkan pertolongan & ampunan Alloh. Bukan akting tapi benar bersungguh sungguh mengharap ampunan,  karena setiap apa yang lakukan mungkin ada saja dosa yang tidak sadar kita lakukan,  maka banyak lah kit bertobat sungguh dan ber istighfar kepada Alloh. 

Sesungguhnya dosa itu adalah ancaman,  ancaman untuk siapa?  Dosa yang kita perbuat adalah ancaman terbesar bagi kita sendiri. Maka janganlah lepas untuk kita ber istighfar kepada Alloh. 

Bahkan dalam ketaatanpun harus kita bertobat,  karena bisa jadi dalam ketaatpun ada dosa didalamnya, dan bahkan kita pun bisa jadi harus mentobati, tobat kita. Jika dalam tobat itu tujuan kita bukan untuk mendapat ridho ampunan dari Alloh,  tapi malah mengharapkan pengakuan dari orang lain.. 


Maka kita harus bertobat di setiap saat,  bukan hanya saat kita melakukan dosa,  tapi dalam ketaatan sekalipun bisa jadi ada hal yang membuat kita berdosa,  maka mari sibukan diri kita untuk ber istighfar bertobat kepada Alloh. Agar Alloh menyukai kita,  hati kita menjadi lebih peka untuk berbuat kebaikan, dan hidup kita menjadi lebih tenang.

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment