Hutan

Assalamualaikum,

Jika kita diharuskan masuk kehutan,  tetapi ada 2 pilihan. 
1. Masuk ke hutan dengan ilmu & pengalamannya sendiri, atau
2. Masuk ke hutan dengan melapor dan memasrahkan diri kepada pemilik hutan. Karena sudah ada penguman barang siapa yang patuh,  maka akan di bimbing hingga sampai tujuan. 

Kira kira yang perjalanan yang akan dinikmati?  Orang dengan pilihan pertama?  Atau ke dua? 

Kira kira orang yang paling letih itu orang dengan pilihan pertama? Atau ke dua? 

Dua duanya sama sama perjalanan di hutan,  tapi yang paling efektif adalah pilihan nomor 2. 

Ini adalah ilustrasi kecil tentang kehidupan.
Pilihan no 1 adalah orang yang belum beragama,  yang hidup dengan mengandalkan akal dan ikhtiar sendiri. Sedangkan pilihan no 2 adalah orang yang benar benar memasrahkan hidupnya kepada Alloh karena yakin bahwa Alloh akan berikan yang terbaik untuk dia dan dilindungi dalam jaminan Alloh. 

Maka itulah hidup, kita tinggal pilih saja ingin ambil pilihan seperti apa?  Hidup sendiri?  Atau hidup yang senantiasa di tolong oleh Alloh?  

Yang harus kita pikirkan saat ini adalah bagaimana berjuang menjadi orang yang layak untuk di tuntun dan di jamin oleh Alloh Subhanahu Wa Ta'ala.  

Alloh tau masalah kita? 
Alloh tau keperluan kita? 
Alloh mengetahui semuanya,  maka dalam hidup ini yang harus kita lakukan adalah berjuang menjadi orang yang layak mendapati jaminan dari Alloh. Bagaimana caranya?

Kita harus punya 2 mujahadah. 
Mujahadah adalah mengeluarkan segala daya dan upaya supaya Alloh menyukai kita,  dan mujahadah yang bagus adalah mujahadah yang fokus kepada hati yang bersih dan amal uang diterima. 

Karena hati itu harus selalu dibersihkan,  dibersihkan dari apa?  Dibersihkan dari Alihah. 
Tuhan tuhan yang selama ini bersemayam di hati kita.  Karena Alloh itu tidak suka dengan kemusrikan,  maka kita harus sering memeriksa hati kita ini ada siapa dan apa yang selama ini mendominasi hati kita yang harap & takutnya kepada selain Alloh. 

Apa yang kita dapat jika memiliki hati yang bersih?
1. Hatinya akan bersih,  dan akan diberi ketenangan. Orang yang hatibya bersih tidak akan gelisah dengan urusan dunia. Karena harap dan takutnyabhanya kepada Alloh. 
2. Lebih mementingkan apa yang disukai Alloh dari apa yang disukai dirinya sendiri. 
3. Kita akan merasa ringan & mudah dalam taat. 

4. Sulit berbuat maksiat. 

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment