Memahami Keadaan

Assalamualaikum,

"Memahami segala keadaan dengan La Haula Walla kuwata illah billah"

Kita dianjurkan untuk bisa menyebutkan la haula wala kuwata illah billah, dan orang yang sudah bisa menyebutkan lahaula wala kuwata illah billah dengan benar, maka tauhiid nya sudah benar-benar bulat dan juga sudah bisa semakin yakin bahwa segala sesuatu yang ada di jagat raya ini adalah ciptaan dan juga sesuai dengan kehendak dan izin Alloh Ta'ala.

Semua makhluk yang ada di jagat raya ini pasti akan meminta pertolongan Alloh, karena segala kerumitan yang ada di dunia ini ada pada pengurusan Alloh Ta'ala, dan semua itu mudah bagi Alloh Azza Wa Jala. Dan semua urusan di jagat raya ini ada pada genggaman Alloh dan tidak ada yang lepas dari pengurusan itu. Oleh karena itu alakangbaiknya kita meminta pertolongan hanya kepada Alloh Ta'ala

Sungguh bahagia orang yang bisa meyakini bahwa segala sesuatu ada pada pengurusan Alloh Ta'ala, maka hidupnya akan senantiasa bahagia, karena dengan istiqomah dalam keyakinan ini, maka akan mendatangkan ketenangan dan juga rasa sabar, karena dia sudah meyakini bahwa segala sesuatu ada pada kekuasaan dan izin Alloh Ta'ala.

Segala urusan ada pada izin Alloh Ta'ala. Begitu juga dengan kematian, tidak akan mati sesuatu makhluk jika memang belum pada waktunya dan juga belum mendapatkan izin Alloh Ta'ala. Begitu juga dengan sebaliknya

La haula wa la kuwata illah billah, adalah kalimat yang bisa terlepas dari perbuatan sombong. Karena ketika kita merasa segala kebaikan itu adalah pertolongan dan izin Alloh Ta'ala, maka secara otomatis rasa untuk bisa membanggakan diri akan hilang.

Wasiat Abu Dzar Radillahuanhu (7 hal).

1. Supaya bisa mencintai orang miskin dan dekat dengan mereka.

2. Melihat orang yang ada di bawah kita dan bukan melihat orang yang ada di atas kita.

3. Menyambung silaturahim walaupun dia kasar kepada kita.

4. Dianjurkan memperbanyak la haula wa la kuwata illah billah.

5. Mengatakan kebenaran walaupun pahit

6. Agar tidak takut dengan celaan dengan orang yang meremehkan


7. Melarang agar tidak meminta segala apapun kepada manusia.

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment