Profil KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)


Profil KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)

Assalamualaikum,

Setiap orang punya idolanya masing - masing. Termasuk untuk urusan Mubaligh. Dalam 15 tahun terakhir, fenomena Mubaligh yang  menjadi terkenal terus meningkat seiring dengan bertumbuhnya tekhnologi informasi melalui sosial media. Zaman 90an terkenal dengan KH Zaenudin MZ. Awal tahun 2000an mengemuka nama Aa Gym atau KH Abdullah Gymnastiar. Diteruskan dengan Ustad Jefry Al Bukhori, Ustad Yusuf Mansyur, Ustad Arifin Ilham dan Ustad Abdul Somad. Sampai saat ini pun sudah bermunculan ustad ustad muda, yang menjadi idola remaja, seperti Ustad Adi Hidayat, Ustad Hanan Attaki dan Dr Khalid Bassalamah. Ceramahnya sudah ‘rencem’ ada di youtube. Setiap ustad mempunyai spesialis dakwahnya masing-masing, dan punya segmen penggemarnya masing-masing. Tapi, secara personal hati ini tetap selalu menunggu nunggu jadwal kajian Aa Gym. Kenapa?

Awal tahun 2000an, Daarut Tauhiid menjadi sangat terkenal karena dakwah Aa Gym yang begitu fenomenal. Sampai saaatnya di tahun 2006, nama Aa Gym mulai redup karena keterbukaanya soal poligami. Tapi itu tidak menjadi masalah, karena atas izin Allah, semuanya kembali. Karena tidak ada niat buruk dari poligami yang dilakukan Aa Gym.

Ada beberapa alasan, kenapa Dakwah Aa Gym mempunyai nilai lebih:

  1. Aa Gym Fokus pada Penataan Hati

Dulu, waktu SD hingga SMP, keitka ngaji di mesjid Al Mubarok, Kyai nya selalu berdakwah tentang Zakat. Sampai setiap hari jumat temanya adalah zakat. Sampai ketika itu saya merasa bosan kalau harus menunggu hari jumat. Tapi, ternyata setiap Mubaligh punya ciri khasnya masing-masing dan mempunyai topik utamanya masing-masing ketika berdakwah. Termasuk dengan Aa Gym. Terkenal dengan MQ atau Manajemen Qolbunya, Aa Gym menitikberatkan dakwahnya kepada pembinaan hati. Karena yang paling dekat dengan Allah itu adalah hati manusianya. Jadi, setiap permasalahan itu selalu muncul dari hati yang kotor. Semakin sering dibersihkan, akan semakin baik perbuatan kita. Contohnya, Aa sering mengingatkan kita untuk dekat ke Allah melalui ilmu tauhiidnya. Mengajak kita untuk lebih sering berinteraksi dengan Allah melalui Al Quran dan Sholat. Itu selalu Aa lakukan delam kegiatan dakwahnya

  1. Aa Gym Memakai Bahasa yang Halus

Segmen dakwah Aa menyasar ke siapa saja. Itu wajar karena Aa berdakwah dengan bahasa yang halus dan dimengerti. Tidak pernah ada teriakan atau amarah yang keluar ketika berada di majlis taklim Aa. Yang keluar adalah dakwah yang mampu membuat hati para pendengarnya lebih tenang. Bahasa yang halus ini pun dikombinasikan dengan ketegasan dari komitmen Aa dalam menyamoaikan setiap dakwahnya. Ini menunjukan bahwa komunikasi sosial Aa sangatlah baik, sehingga dakwahnya mampu di terima oleh setiiap kalangan.

  1. Dakwah yang Simple dan Praktis dari Aa Gym

Konsep dakwah Aa ialah dakwah yang harus dimengerti, sehingga Aa banyak menciptakan banyak tagline dan singkatan-singkatan yang mudah diingat yang disebut dengan Tata Nilai, yang sumbernya di ambil dari Al Qur’an dan Hadits, dan pastinya praktis atau mudah diimplementasikan dalam kehiduoan sehari-hari. Misalnya, BRTT yang merupakan konsep praktis dari menjaga kebersihan yang terdiri dari Bersih, Rapi, Tertib dan Teratur. Konsep ini sudah sangat mendarah daging sekali di Daarut Tauhiid. Bahkan ada penilaian tersendiri untuk setiap tempat yang tidak melaksanakan BRTT. Konsep ini pun terus Aa dakwahkan dalam setiap kesempatan. Contoh lainya ialah 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), TSP dan Konsep-konsep praktis lainnya.

  1. Penyebaran Dakwah Cepat

Setiap Mubaligh sekarang sudah mempunyai akun media sosialnya masing-masing dari instagram, saluran youtube hingga grup whatssapp dan telegram. Aa Gym pun membangun MQ Digital dengan tujuan Dakwah yang disampaikan bisa real time di terima Oleh masyarakat. Yang paling Khas adalah program MQ Pagi yang mengudara setiap Hari di radio, live streaming melalui youtube, facebook dan instagram. Sehingga, apabila kita ketinggalan dakwah Aa secara langsung, kita bisa mengakses Akun media sosial dari Aa kapan saja. Dan yang kami rasakan, bahwa media sosial milk Aa merupakan media sosial yang paling Banyak pengikutnya dan paling Cepat serta paling real-time dalam menayangkan setiap kajian Aa.

  1. Aa Gym yang Disiplin

Yang mungkin belum semua orang tahu tentang Aa adalah bahwa Aa adalah sosok paling disiplin dalam hidupnya. Kita tidak mungkin bisa melihat fisik Aa yang baik tanpa disiplin berolahraga. Belum lagi sehat dan kuatnya Aa dalam menjalankan aktivitasnya selain karena disiplin beribadah sunnah dan pola hidup dan makan sehat. Aa lebih sering menceritakan tentang kehidupan personalnya saat kajian santri karya setiap sepekan sekali.

Jadi, pemilihan Aa Gym ebagai Mubaligh favorit saat ini bukanlah tanpa alasan. banyak teladan dan contoh nyata tentang hidup dan ketenangan hati yang orang lain sulit untuk dapatkan. Dengan dakwah yang simple dan praktis, menjadikan Aa Gym patut untuk menjadi referensi utama dalam menjalankan kehidupan sehari-hari melalui metode dakwahnya.

Jazakallah

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment