Kenapa Kita Harus Sholat?


Pekan ini menjadi pekan berbahagia bagi umat muslim. Dari awal pekan sampai kahir pakan, masih banyak mesjid yang memperingati peringatan Isra’ Miraj dengan beragam kegiatan positif, seperti Tabligh Akbar, Imtihan, Penampilan Nasyid dan Marawis dari Anak TK hingga orang tua. Begitu massif euforia nya. Seru! Dulu pun sama, kami suka ikut kegiatan itu, dengan nama ‘Rajaban’.

Flashback sedikit, 27 Rajab menjadi hari bersejarah bagi umat muslim, karena hari ini adalah hari dimana kewajiban sholat mulai diberlakukan melalui peristiwa Isra’ Miraj. Sekarang kami tidak akan membahas peristiwa paling bersejarah tersebut. Tapi, masih banyak teman sahabat dan manusia di dunia lainnya yang masih bertanya “kenapa kita harus sholat?” Walaupun, padahal kalau sudah menjadi seorang muslim mah sepertinya pertanyaan tersebut tidak usah dipertanyakan lagi. Sudah banyak dalil Qur’an dan Hadits yang sudah tak mungkin diperdebatkan lagi.

Kalau melihat secara ilmiah, Ibadah Sholat ini adalah ibadah yang setiap detiknya selalu dilakukan secara terus menerus, walaupun kita tahu kalau sholat itu hanya ada 5 waktu. Ini terjadi, karena perbedaan waktu diseluruh dunia. Detailnya, bila di Australia sudah mulai adzan, semenit berikutnya, papua mulai adzan, disusul maluku, NTT, sampai ujung Indonesia. Terus seperti itu, sampai India, Pakistan, Timur Tengah, dilanjut Eropa, Afrika sampai ke Amerika, adzan dan sholat akan terus berlanjut, teratur sampai kembali lagi ke timur. Jadi, ibadah sholat, menurut Aa Gym, adalah ibadah dengan upacara terbesar yang dilakukan oleh sebuah umat beragama di dunia. Apa ada agama lain?

Nah, masih bersumber dari Aa Gym, Ada beberapa hadiah alias manfaat bagi kita ketika melaksanakan sholat dengan baik dan benar. Pertama adalah Ketenangan. Tidak ada ibadah yang paling tenang selain sholat, karena sholat itu adalah ibadah dengan dzikir paling lengkap. Dan dzikir itu paling nenangin hati. Jadi kalau masih belum tenang, berarti sholat kita belum betul. 

Kedua, yaitu penghapus dosa. Kayanya tidak ada manusia yang tanpa dosa. Setiap detik kita itu melakukan banyak dosa. Dan 5 kali sehari kita dapat kesempatan untuk menghapus dosa tersebut 5 kali sehari, yaitu dengan sholat. Jadi, kalau kita mencoba meninggalkan sholat, berarti hilang kesempatan kita untuk menghapus dosa-dosa kita itu. Aa Gym pernah bilang, 2 ciri dosa itu ialah membuat gelisah kita dan takut ketahuan (Kami banget kan itu teh)

Berikutnya, Sholat itu adalah rem. Jadi, kita berkegiatan sehari-hari itu adalah untuk menunggu waktu sholat. Kenapa disebut rem? Karena sholat menjadi pencegah kita untuk berbuat maksiat. Kita yang sudah terbiasa dengan sholat tepat waktu, pasti akan selalu gelisah jika belum melaksanakan sholat. Yang terfikir hanyalah kapan waktu sholat datang. Sehingga, Allah menolong kita untuk terhindar dari perbuatan maksiat.

Selanjutnya, ialah bahwa Sholat itu tempat dimana pertolongan Allah datang. Kayanya, nggak ada manusia yang tidak punya masalah. Dan kalau kita ‘riweh’ dengan masalah kita, kayanya stress akan lebih cepat menghampiri. Jadi, hidup tidak tenang. Nah, 5 waktu sholat itu menjadi waktu dimana kita minta ke Allah untuk menyelesaikan masalah kita. Karena hanya Allah lah yang tau yang terbaik bagi kita.

Terakhir, yang paling penting adalah ketika sholat kita akan diberikan cahaya di hati kita. Siapa yang tidak mau hatinya di berikan cahaya langsung oleh Allah? Dan itu terjadi saat sholat. Kalau hatinya udah bercahaya, insyaallah akan lebih mudah dalam menyikapi setiap kejadian.

Alhamdulillah. Melihat dari hadiah-hadiah diatas, sudah saatnya kita fokus untuk memperbaiki sholat kita. Bukan menanyakan kenapa kita harus sholat. Karena kalau terus mempermasalahkan itu, nanti kita tinggal di rumah sakit jiwa. 

Ingat, Sholat itu amalan pertama yang akan dihisab. Jadi baik buruknya seseorang, liat sholatnya. Simple kan ya. Hayu ah sekrang kita mulai untuk sholat dengan khusyu dan karena Allah. Sudah waktunya sholat belum sekarang?

Jazakallah

Wassalamualaikum

0 comments:

Post a Comment