Profil Wisata Berkuda Daarus Sunnah


Profil Wisata Berkuda Daarus Sunnah

Assalamualaikum,

Alasan kenapa Eco Pesantren menjadi sangat terkenal ialah karena sering diliput oleh beberapa media televisi, koran dan radio. Yang menjadi kunci utama nya ialah bukan karena pesantrenya atau kegiatan keagamaannya, tetapi karena adanya sebuah tempat seru untuk berolahraga sunnah, yaitu Daarus Sunnah. 

Daarus Sunnah ialah lokasi berolahraga sunnah yang dikelola langsung oleh putri Aa Gym. Olahraga yang bisa di latih disini ialah Berkuda dan Memanah. Lokasinya tepat di ujung Eco Pesantren. Kenapa begitu terkenal? Ini karena sosok Aa Gym yang selalu rutin berolahraga disana setiap sabtu dan ahad, yang tidak jarang banyak media yang sengaja datang untuk meliput.



Program Daarus Sunnah

Dalam 3 tahun terakhir, berkuda dan memanah menjadi ciri khas Eco Pesantren. Disini kuda dilepaskan secara bebas setiap pagi. untuk mencari makan karena banyaknya padang rumput. Dari mulai jam 9 pagi hingga sore hari, kegiatan berkuda dan memanah dilaksanakan, dengan banyak nya program yang ditawarkan. Dari mulai kelas privat, kelas terbuka, wisata hikmah, hingga program pendidikan kilat dan dasar atau Diklatsar. Daya tarik ini masih terus menjadi primadona bagi para pengunjung.  

Kelebihan Daarus Sunnah

Daarus Sunnah bukanlah tempat yang besar dan lega untuk kita explore lebih dalam. Karena hanya mempunyai 3-5 tempat berlatih kuda, dan dua tempat untuk berlatih memanah. Tapi, tempatnya sangat sejuk karena di kelilingi banyak pohon, dan berada di bawah kaki gunung. Sepanjang mata memandang, kita akan disuguhkan background gunung Burangrang dan Tangkuban perahu, dan pemandangan city view dari kota Cimahi. Apalagi, kalau kita datang di jam pagi hingga siang hari, cuaca sangat bersahabat dengan awan yang bagus untuk berselfie ria bersama kerabat. Jika beruntung, saat musim kemarau, kkta bisa berkuda dan memanah sambil melihat terbenamnya matahari yang sangat indah.





Selain menjadi tujuan wisata, kegiatan berkuda dan memanah memang menjadi kegiatan utama dari santri yang mondok di pesantren ini. Yang menjadi keunikan sendiri ialah bahwa santri di eco pesantren menjadi santri khidmat yang bertugas di Daarus Sunnah. Mereka memandikan kuda, membersihkan kotoran kuda, memasukan dan mengeluarkan kuda dari kandangnya, sampai menjadi pelatih bagi santri lain. Ini menjadi hal yang berbeda dengan pesantren lain. Sehingga, banyak yang mendaftar menjadi santri disini karena ingin melihat putranya bisa berkuda dan memanah.

Jazakallah,
Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment