Aa Gym: Arifin

Assalamualaikum,

Arifin adalah ahli marifat, marifatullah adalah bentuk seseorang yang sudah mengenal Alloh Ta'ala. Orang yang sudah mengenal Alloh, akan senantiasa membutuhkan kepada Alloh dan dia akan mengetahui persis bahwa dia tidak memiliki apapun tanpa adanya pertolongan Alloh Ta'ala. Dia akan sadar bahwa setiap yang dia lakukan sesungguhnya adalah bahwa dia tidak tahu apa-apa dan tidak memiliki apapun. Dan jika dia sedang membutuhkan sesuatu maka dia secara otomatis akan senantiasa selalu meminta kepada Rabb-Nya.

Sungguh asik ketika orang sudah mengenal Alloh Ta'ala, bahwa ketika dia melakukan sesuatu pasti ada kaitannya dengan cinta kepada Rabb-Nya. Contohnya adalah ketika orang bertemu dengan orang-orang, pastilah akan selalu ada hikmah dari setiap pertemuan tersebut.

"Semua yang ada di langit dan bumi meminta pertolongan kepada Alloh"

Termasuk rasa didalam hati kita, baik cinta, benci, rindu, dan lain sebagainya, sungguh didalamnya ada terdapat hikmah dan kekuasaan Alloh Ta'ala. 

Dalam ketaatan dan juga menjauhi kemaksiat pun harus dengan pertolongan Alloh Ta'ala. Orang yang sudah mengenal Alloh maka dia akan senantiasa berlindung kepada Alloh dengan sungguh-sungguh. 

Jadi orang yang mengenal Alloh seperti layaknya anak kecil yang tidak mau lepas dengan Ibunya. Dia akan senantiasa menempel kepada apa yang dicintainya.

"Orang yang paling bahagia adalah orang yang sibuk kepada Alloh Ta'ala."

Orang-orang yang sudah mengenal Alloh sudah pasti dia akan tenang dan tentram. Karena itu adalah bentuk janji dari Alloh Ta'ala. 

Kalau hati diberikan gelisah oleh Alloh maka dia tidak akan bahagia, begitu juga jika Alloh Ta'ala memberikan ketenangan dan ketentraman, maka hidupnya akan senantiasa bahagia.

Oleh karena itu marilah kita belajar tentang bagaimana kita bisa mengenal Alloh, karena dengan mengenal Alloh lah kita bisa merasakan ketentraman dan juga ketenangan serta akan senantiasa diberikan pertolongan oleh Alloh Ta'ala.

Allah SWT berfirman:

قُلْ لَّنْ يُّصِيْبَـنَاۤ اِلَّا مَا كَتَبَ اللّٰهُ لَـنَاۚهُوَ مَوْلٰٮنَاۚوَعَلَى اللّٰهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُوْنَ
qul lay yushiibanaaa illaa maa kataballohu lanaa, huwa maulaanaa wa 'alallohi falyatawakkalil-mu`minuun

"Katakanlah (Muhammad), Tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah bertawakallah orang-orang yang beriman."

(QS. At-Taubah 9: Ayat 51)

Oleh karena itu orang orang yang sudah yakin dengan pertolongan Alloh, maka yang dirasakannya akan selalu dalam keadaan asyik, karena dia merasa bahwa segala-galanya adalah berasal dari pertolongan Alloh Ta'ala, dan akan senantiasa merasa bahwa dirinya akan selalu ditemani oleh Alloh Ta'ala

No 115

Alloh akan senantiasa memberikan nikmatnya walaupun kita kadang tidak mengingat mereka. Sungguh betapa baiknya Alloh yang selalu memberikan karunia dan nikmatNya kepada kita yang kadang-kadang suka lupa kepada Alloh Ta'ala. 


Selama ini Alloh tidak pernah memberikan kecelakaan kepada kita. Adapun hal yang tidak kita sukai itu datang kepada kita, sungguh itu adalah bentuk ujian dan pasti didalamnya akan ada selalu hikmah dan perjalanan yang bisa didapatkan. Dan dari keyakinan inilah yang akan mendatangkan kita karunia dan juga keberkahan serta pertolongan Alloh Ta'ala selalu.

Wassalamualaikum,

(Resume Kajian Aa Gym)

0 comments:

Post a Comment