Aa Gym: Keterampilan Terpenting

Assalamualaikum,

Keterampilan terpenting yang harus di miliki umat islam tahap pertama adalah menjaga lisan dan akhlak, Al-Muslimu man salima al-muslimuuna min lisaanihi wa yadihi.

Jadi yang penting kita miliki adalah kemampuan kita menahan diri dari perkataan, perbuatan yang merugikan orang lain.

Umat islam harus selamat dari gangguan lisan dan perbuatan kita, karena jika tidak kita akan muflis (bangrut) yaitu saat di dunia banyak melakukan kebaikan, banyak amalnya tapi mulutnya tidak terjaga sehingga saat di yaumul hisab di akhirat setiap yang disakiti akan diberi pertanggung jawaban oleh kita dibayar dengan pahala yang kita perbuat dan jika habis pahalanya maka dosa orang yang disakiti dipikul oleh kita.

Memperbanyak amal itu bagus tapi tidak cukup karena terbukti ada yang banyak amalnya tapi di akhirat muflis (bangkrut), artinya kita harus waspada dengan deposit amal kita apalagi amal yang kita lakukan ini belum tentu ada pahalanya.

Ciri orang yang berkualitas baik, mulia itu perkataannya ada cirinya pilihan bicara itu ada dua kalau baik niatnya, baik perkataannya, baik manfaatnya silahkan berbicara tapi kalau tidak ada kebaikan lebih baik diam.


Jangan bicara kecuali sudah yakin niatnya baik, yang disampaikannya benar dan ada manfaatnya. Jika belum yakin lebaik baik diam saja, yang penting selamat lisan ini jangan sampai menjadi petaka bagi kita di dunia dan akhirat.

Wassalamualaikum,

(Resume Kajian Aa Gym)

0 comments:

Post a Comment