Aa Gym: Semangat

Assalamualaikum,

Semangat itu Menular dan inilah yang seharusnya kita tularkan kepada orang lain.

~Ada sebuah kisah
"Ada dalam sebuah pertemuan ada 50 orang berkumpul. Lalu diberi balon masing masing dan diberi tulisan nama masing - masing. Lalu balon itu dikumpulkan dan diberi kesempatan 5 menit untuk mencari balonnya masing masing.

Maka terjadi kebingungan yang parah, belum lagi karena balonnya banyak dan balonnya terbang kesana kemari maka sangat susah sekali mencarinya. Dan lagi hanya diberi waktu 5 menit. Hanya sedikit sekali yang berhasil.

Kemudian permainannya dibalik,  para pemain diperintahkan untuk saling membantu satu sama lain untuk mencari balon. Dan permainan pun  cepat selesainya dalam 1 menit sudah selesai."_

Hikmahnya

Selama ini kita hanya selalu sibuk membahagiakan diri sendiri. Makannya susah bahagia. 

Bahagia itu adalah saat kita senang berbuat baik untuk membahagiakan dan menolong orang lain.

Kalau uang dan ilmu kita terbatas, ada yang bisa kota sumbangkan.  Apa itu?  kita bisa menyumbangkan Semangat. Karena buktinya semangat itu menular dan jadi kebaikan untuk orang lain. 

Maka saat pagi hari itu mari niatkan diri kita ini untuk sedekah, bisa sedekah lewat apa saja karena semua kebaikan itu adalah sedekah.

Tidak harus selalu sedekah dengan uang karena tidak semua orang punya keuangan yang memadai. Tapi sedekahlah dengan berbuat kebaikan sekecil apapun. Minimal dengan wajah yang cerah dan senyuman yang tulus.

---------------------------------------------

Di zaman sekarang ini sudah banyak teknologi untuk pengobatan yang canggih - canggih tapi disetiap rumah masih banyak orang yang sakit. Mengapa? 

Sekarang ini lebih banyak dana itu digunakan untuk pengobatan,  dan pasti pengobatan itu lebih mahal di banding pencegahan. Maka dari pada mengobati lebih baik mencegah. 

Aspek Prefentive / pencegahan

Jadi Aspek Prefentive inilah yang seharusnya dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar bahkan fit. Sebetulnya aspek prefentive yang telah dicontohkan oleh Rasulullah itu ada banyak sekali.

Dari faktor yang penyebab terjadinya penyakit terbanyak,  yang paling berperan adalah

1. Makanan
Satu satunya agama yang dengan detail mengatur bagaimana makan, waktu makan, cara makan, jenis jenis makanan dll. Dari makan saja kalau kita patuh dan kita ikut contoh Rasulullah, sudah berapa banyak orang yang bisa sehat tidak terkena penyakit. 

Kita sepakat bahwa sehat itu adalah nikmat yang besar. Rasulullah itu sampai usia 63 tahun badannya itu fit, jadi sangat sehat sekali. 

2. Faktor Perilaku & Lingkungan

Penting sekali bahwa jika kita ingin hidup sehat, sebisa mungkin kita harus menjaga perilaku kita dan sangat menjaga lingkungan kita. Lingkungan hidup ini sangat penting agar kita bisa nyaman untum beribadah kepada Alloh dan bisa bermanfaat untuk makhluk yang lain. 

3. Pikiran/Niat
Harus serius sekali diperhatikan,  bahwa dalam segala hal itu perlu qualitas. Dan yang paling penting adalah qualitas niat.  Karena tidak mungkin orang menikmati amal kecuali ikhlas.  Tidak ada orang yang dapat menikmati apa yang mereka lakulan kecuali dengan ikhlas. 


Ikhlas itu hanya ada pada hati, jadi manjemen ikhlas ini sangat luar biasa. Dan orang jika ingin sehat itu akan sangat terbantu dengan kemauan seseorang tersebut untuk sehat. 

Wassalamualaikum,

(Resume Kajian Aa Gym)

0 comments:

Post a Comment