Aa Gym: Masalah

Assalamualaikum,

Kita pasti punya masalah tetapi bagi kelompok tertentu masalah itu tidak ada masalah karena semua itu baik. 

Dari Shuhaib, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

“Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruhnya urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya.” (HR. Muslim, no. 2999)

Jadi masalah apapun yang menimpa kita itu bisa jadi kebaikan apapun kalau kita punya iman. Jangan risau oleh masalah tapi risau lah oleh dua ini yaitu tidak bisa syukur dan tidak bisa sabar. 

Karunia dari Alloh sangatlah banyak jadi kita harus bersyukur tiap saat, karena jika kita ahli syukur Alloh akan tambah karunia itu. Daripada banyak keinginan mending banyak syukur. Yang membuat kita bahagia adalah syukur bukan dunia yang ada. 


Yang kedua adalah sabar,  sabar itu menahan diri,  mengendalikan diri sehingga setiap sikap,  pikiran, hati kita terkendali. Jadi orang sabar itu adalah orang yang tidak merasa memiliki dan tidak merasa dimiliki kecuali merasa semuanya milik Alloh Ta'ala. 

Wassalamualaikum,

(Resume Kajian Aa Gym)

0 comments:

Post a Comment