Aa Gym: Diam

Assalamualaikum,

Sahabat manusia pasti ingin bahagia, mulia dan selamat. Tapi diantara 3 pilihan itu maka yang palaing utama adalah ingin selamat karena tidak ada artinya kalau bahagia atau mulia tapi tidak selamat.

Keselamatan dunia akhirat itu adalah yang terpenting dalam hidup kita, lalu apa dan siapakah yang paling membahayakan diri kita? Tidak lain dan tidak bukan adalah kedzoliman kita kepada diri sendiri. Setiap kali membuat maksiat, dosa maka kita sedang mencelakakan diri kita sendiri.

Hal yang perlu kita jaga dalam hidup ini adalah menjaga lisan karena dari lisan inilah kita akan bisa celaka atau bisa selamat.

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُت

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

Jadi pilihan kita hanyalah 2 baik atau diam, diam itu ada 3 jenis:

1. Diam karena keshalihan, dia sadar mempertimbangkan sehingga dia menjaga lisannya dari sesuatu yang tidak ada manfaatnya dan mudharat.
2. Diam karena kemunafikan, dia pura-pura karena dia menyembunyikan sesuatu.
3. Diam karena kebodohan, karena dia tidak tahu

Tentu diam yang baik adalah diam yang penuh kesadaran sebagai pilihan.


Semoga Alloh melindungi kita dari perkataan yang bisa menjerumuskan kehinaan dunia akhirat dan memudahkan kita untuk berbicara baik yang penuh hikmah.

Wassalamualaikum,

(Resume Kajian Aa Gym)

0 comments:

Post a Comment