Aa Gym: Do'a dan Ikhtiar

Assalamualaikum,

Sering ada pertanyaan doa dulu atau ikhtiar dulu? Mana yang lebih penting?

Kita lihat saja nabi musa sebelum berbicara berdoa:

 "رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي  يَفْقَهُوا قَوْلِي

Artinya: " Ya tuhanku lapang kan dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku" 

Jadi sebelum bicara berdoa dulu. Sebelum berangkat berdoa dulu:

 "بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

Artinya : "Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Alloh saja"

Lalu katakan kepadanya akan di tunjuki, dicukupi, dan akan di lindungi, sehingga setan juga bingung. Bagaimana akan menyesatkan orang yang dilindungi, ditunjuki, dicukupi Alloh. 

Jadi berdo'a dulu, kalau ikhtiar dulu berarti kita mengandalkan diri kita, tapi kalau doa dulu mengandalkan Alloh, dan iktiarnya akan di bimbing oleh Alloh. 

Seperti masuk ke hutan langsung masuk mencari jalan sampai ke puncak, tapi ada dulu yang datang meminta ke pemilik hutan minta di tunjuki, minta di tuntun, dan pemilik hutan sudah menjanjikan barangsiapa yang minta di tuntun akan di tuntun, yang minta di tolong akan di tolong, yang minta ditunjuki akan ditunjuki. Sangat bodoh kalau kita masuk hutan sudah ada fasilitas, mau ditunjuki, mau di jamin dilindungi, dan kita tidak menggunakannya. 

Jadi, kekuatan doa itu mengandalkan Alloh. sedangkan sibuknya ikhtiar tanpa doa mengandalkan diri sendiri. Sudah bodoh, lemah, tidak tau, tidak punya, harus menghadapi hidup ini, rugi. Dan sudah janji Alloh, berdoa lah kepadaku maka akan aku kabulkan. 

Jadi kebodohan bagi kita itu salah satunya adalah sedikit dalam doa, jarang doa lebih bodoh lagi, harusnya terus menerus berdoa. Karena berdoa itu berarti bagian dari dzikrulloh kita. 


Doa itu bagus dari keyakinan kita, doa itu bagian dari ketawakalan kita.

Wassalamualaikum,

(Resume Kajian Aa Gym)

0 comments:

Post a Comment