Cara Mencegah Virus Corona - Covid 19

Assalamualaikum,

Rasulullah saw., bersabda "Jika kalian mendapati wabah melanda suatu negeri maka jangan kalian memasukinya. Dan jika kalian berada di daerah tersebut jangan keluar dari negeri tersebut."

Di beberapa negara yang belum mengenal Islam mereka melakukan beberapa cara diantaranya dengan menutup daerahnya
sehingga wabahnya tidak menyebar. Diadakan pengaturan sehingga tingkat penyebaranya dapat terkendali, ini persis sama dengan yang di ajarkan Islam.

Masyarakat Indonesia selama 14 hari ini kita berkumpul dirumah saja, 
mengurangi kontak dengan siapapun kecuali sangat penting, hindari sentuhan tangan, kerumunan, pertemuan pertemuan yang tidak penting.
Adik-adik yang diliburkan ini bukan masa liburan dan bukan untuk berekreasi.

Menjadi salah besar kegiatan belajar mengajar ini dijadikan waktu untuk rekreasi keluar, justru ini lah yang harus dihindari oleh kita. Tidak sekolah dan tidak ngantor harus nya bisa jadi ladang amal untuk kita mencegah penyebaran virus ini.

Mari dipahami dengan baik oleh kita semua bahwa menghindar sementara waktu untuk tidak bersalaman dan tidak kontak langsung dengan yang lain adalah sebagai upaya kita untuk mengurangi penyebaran.

Kita harus berjuang bersama, berkoban bersama dengan sabar, hindari pertemuan yang mengundang banyak massa, ini salah satu ikhtiar kita supaya terputus peluang terjadinya penularan virus ini.
Mudah mudahan Alloh mengangkat virus ini.

Wabah ini bagi orang orang yang berbuat buruk memang ini adalah balasan bagi keburukanya, namun bagi orang yang beriman ini adalah rahmat karena ia mengetahui bahwa tidak akan menimpa kepada dirinya kecuali yang Alloh tetapkan, maka pahala baginya seperti orang yang mati syahid.

Di Mesjid Daarut Tauhiid saat ini tidak ada karpet karena dikhawatirkan karpet menjadi bahan penularan. Jadi dibuat aturan, sementara masih berjamaah diharapkan wabah ini segera berakhir.
Jika hendak ke mesjid ada peraturan nya sekarang :

1⃣ Yang ke Mesjid yang Sedang Sehat
Yang batuk, demam, pilek, maka sholatnya dirumah, Insya Alloh niatnya sudah tersampaikan dan dicatat Alloh.

2⃣ Cuci Tangan
Posisikan diri seperti yang sudah tertular. Agar senantiasa menjaga diri kita dan orang disekitar kita.

3⃣ Pastikan Membawa Peralatan Sholat Masing masing
Bawa sejadah masing masing, mukena masing masing jadi jika kita tertular hanya kepada sajadah yang kita bawa saja.

4⃣ Jangan Serba Menyentuh
Hindari kita meninggalkan jejak apapun.

5⃣ Jamaah Tidak Usah Terlalu Dempet
Rapat saat sholat merupakan kesempurnaan shalat namun pada saat seperti ini kita harus mencegah karna di khawatir kan tertular dan tidak bersalaman karena salaman bisa menjadi jalan penularan
Mudah-mudahan upaya kita ini mendapatkan pahala kebaikan disisi Alloh.

Lalu apa yang harus kita lakukan di rumah?
Buatlah aturan dirumah, inilah rumah yang menjadi benteng kita dan yang harus kita lakukan:
📍 Perbaiki Ibadah
Sholat berjamaah dirumah, perbanyak bacaan Qur'an, menambah hapalan, perbanyak sholat sunah.

📍 Upayakan ada Rambu-rambu
- Hayinin
Harus menjadi orang yang tenang menenangkan, teduh meneduhkan, buat suasana rumah lebih legowo dan ebih pemaaf.
- Layinin
Berlomba-lomba memiliki ke sopanan, kesantunan sehingga interaksinya dengan kualitas yang bagus, menyuruh dengan sopan, melarang dengan sopan sepakati latihan untuk lemah lembut.
- Qoribin
Jadikan suasana dirumah, suasana yang akrab, hangat, berlomba-lomba rendah hati, saling menempatkan diri, suportif bantu dengan santun.
- Sahlin
Dibuat mudah, jangan sampai urusan sepele dibuat susah, jangan membesar-besarkan masalah jangan sampai rumah menjadi neraka mini, jadikan rumah sebagai bayyiti jannati.

Sebagai orang yang beriman, harusnya kita berbeda. Ujian ini adalah alat ukur keimanan kita, yang sedang imanya, yang tidak ada imanya, yang kuat imanya pasti beda suasana hati dalam menyikapi ini.

Kita sudah sempurnakan syariat, tapi bagi orang yang beriman tidak boleh panik dalam situasi apapun, tidak ada jalan untuk panik, kalau kita panik berarti iman kita kurang. Dengan ke imanan kita yakin sekali bahwa virus ini milik Alloh dari Alloh dan bertasbih kepada Alloh, tidak akan memberi bahaya pada kita kecuali izin Alloh.

"Tidak akan menimpa suatu musibah kecuali izin Alloh"
Jangan takut mati, karena dengan keimanan kita mati itu ada waktunya, karena tidak ada yang akan membuat kita mati kecuali waktunya tiba.

"Setiap umat ada batas waktunya, datang saat yang ditetapkan, tidak bisa di akhirkan tidak bisa dimajukan walau sesaat"
Dan kita harus yakin bahwa doa adalah bagian dari yang bisa mengubah dari satu takdir ke takdir lain. maka berdoalah.

Kemudian sedekah, sedekahlah karena sedekah adalah penolak bala
lalu senantiasa dalam dzikrullah, istighfar perbanyakalah istighfar karena istighfar adalah salah satu amalan agar Alloh tidak menurunkan bencana bagi orang yang memperbanyak istighfar, mudah-mudahan dengan wabah ini akan banyak hikmahnya, membuat kita semakin yakin kepada Alloh, makin banyak taubat, makin menjauhi maksiat, dan makin banyak taat.
Waallahu A'lam

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment