Langit Bumi

Assalamualaikum,

#Allah lah yang menciptakan langit bumi berikut segala isinya. Tidak ada satupun yang ada di jagat ini kecuali ciptaan Allah.

#Dialah Allah swt yang memiliki segala galanya, semua yang ada di alam semesta ini adalah milik Allah semata, tidak ada makhluk yang memiliki bahkan dirinya sendiri pun bukan milik kita.

#Dialah Allah swt yang mengurus segala galanya, tidak ada satupun makhluk yang ada di alam ini kecuali Allah yang mengurusnya setiap saat, yang menghidupkannya, yang memberi makan, memberi minum, memberi udara, tidak ada yang lepas termasuk kita, setiap saat diurus Allah. 

#Dialah Allah swt yang Maha Baik, yang walaupun kita tidak baik, Allah tetap berbuat baik pada kita setiap saat.

#Dialah Allah swt yang Maha Adil tidak pernah menyakiti berbuat dzolim, semua keburukan yang menimpa kita adalah buah dari pilihan kita karena berbuat buruk, Allah tidak pernah berbuat buruk  pada hamba hambanya.

#Dialah yang Maha Pengasih Maha Penyayang, kita bisa seperti ini karena limpahan kasih sayangNya, Allah mendahukukan rahmatNya daripada azabNya.

#Dialah yang mempertemukan  kita, mengumpulkan kita, memperhatikan kita. Allah menyimak semua yang terucap, mengetahui apa yang terpikir, Allah mengetahui apa yang terlintas di hati kita, Allah maha tahu, tidak ada rahasia bagi Allah.

#Tidak ada yang bisa terjadi di alam ini kecuali dengan izinnya, tidak ada satupun nikmat yang datang kepada kita kecuali Allah yang menghendaki, tidak ada satupun musibah yang bisa menimpa kecuali dengan izin Allah.

#Berbahagialah bagi orang yang yakin kepada Allah karena disanalah kebahagiaan yang hakiki, kemuliaan dan keselamatan.

#Siapakah orang yang sukses? Banyak yang mengagap sukses itu kalau punya gelar panjang, harta melimpah, kedudukan tinggi, popularitas. Kalau itu yang dianggap sukses berati Allah tidak adil. Tapi Allah Maha Adil, karena setiap orang yang membagikan rezekinya adalah Allah, sesuka Allah dalam membagikannya, tidak harus karena pintar dulu atau karena kerja keras dulu kemudian dapat rezeki. 

#Indikator sukses di QS AL hujurat ayat 13, yang paling TAQWA.

#Kemuliaan itu tidak digantungkan kepada topeng duniawi.

#Maka penting sekali bagi kita untuk menggunakan standar kesuksesan itu yang seperti apa. 

#Standar bagi kita sebagai orang yang beriman adalah ketaqwaan. 

#Sederhananya begini, orang yang sukses adalah orang yang paling bertaqwa, yang hatinya yakin ke Allah  yang berbuah patuh dan pasrah ke Allah.

#Sumber ketaqwaan adalah keyakinan kepada Allah.

#Ada tahapannya,
1. Ilmul yaqin
2. Ainul yaqin
3. Haqqul yaqin

#Kalau tingkat keyakinan kita kepada Allah sudah sampai pada haqqul yaqin maka hasilnya adalah dua ciri nya yakni, ROJA' (harap) dan KHOUF (takut) nya hanya ke Allah. 

#Makin kurang yakin maka harap dan takutnya kepada selain Allah, dan ini akan membuat capek, gelisah tiada akhir, sengsara tiada akhir, nelangsa selama lamanya.

#Alarmnya adalah hati kita, maka kalau kita ingin sukses yang kita kejar adalah ketaqwaan.

#Tidak usah minder dengan topeng dunia, karena itu sesuka Allah saja membagikannya.

#Jangan kagum pada orang yang dikasih dunia, biasa saja, karena itu semua milik Allah, bukan karena kehebatan dia kekayaannya.

#Jangan kagum pada topeng dunia, karena dunia ini memang tidak ada apa apanya disisi Allah, tapi kagumlah kepada orang yang dikaruniai Allah, keyakinan, kepatuhan dan kepasrahan kepada Allah.

#Makin yakin kepada Allah pasti dia harapnya hanya pada Allah. Kalau dia sudah yakin kepada Allah maka lihat akhlaqnya, dalam berbuat apapun pasti akan IKHLAS

#Makin yakin ke Allah, makin ikhlas, karena orang yang sudah yakin kepada Allah mau apa cari sesuatu selain dari Allah? sedang selain Allah adalah makhluk yang tidak bisa memberikan manfaat dan mudarat tanpa izin Allah.

#Bergabung seluruh makhluk dan jin mau memberi sebutir nasi pada manusia, kalau Allah tidak izinkan, tidak akan jadi.

#Puji caci ember jatuh sama saja, hanya gelombang udara yang merambat ke telinga, ga ada apa apa nya.

#Orang yang ikhlas betul betul sudah tidak mencari kedudukan disisi makhluk.

#Orang yang yakin kepada Allah, sudah tidak peduli apakah oranglain akan memuji atau mencaci dirinya, karena itu semua tidak ada apa apa nya, yang ada apa apa nya adalah Allah ridho atau tidak kepada dirinya.

#Kalau orang sudah ingin agar Allah suka kepada dirinya, maka standar dirinya akan melampaui standar orang yang ingin agar makhluk menyukai dirinya. 

#Sukses dalam pandangan Islam itu adalah AHLI TAQWA yang nanti ujungnya,  goalnya adalah husnul khatimah, sedang gelar dll hanya cobaan bukan tanda kesuksesan.

#Orang yang yakin pada Allah pasti SYUKUR, karena dia yakin semua nikmat datang dari Allah.

#Kalau dia ahli syukur maka pasti dia ahli terimakasih pada makhluk, yang menjadi jalan nikmat Allah.

#Kalau yakin pada Allah makan akan syukur dalam segala keadaan, karena dia yakin dengan syukurlah nikmatnya bisa bertambah.

#Boleh dia punya keinginan, tapi yang membuat bertambahnya nikmat bukan karena hebatnya keinginan dia, tapi karena hebatnya syukur. 

#Nikmat itu hanya Allah yang megang, hanya Allah yang bagikan, maka dengan syukur kepada Allah lah maka kemudian nikmatnya bertambah.

#Hatinya yakin ke Allah, lisannya selalu memuji Allah, dia berterimakasih kepada yang jadi jalan nikmat, dia gunakan nikmat itu untuk semakin taat.

#Ciri ahli syukur adalah ibadahnya jadi semakin kuat.

# Punya rumah besar tidak tahu syukur, tidak akan bahagia, maka syukur jugalah yang akan mendatangkan kebahagiaan. 

#Syukur dulu nikmat dulu? kalau orang yang kurang yakin dia akan menunggu dulu nikmat baru bersyukur, tapi kalau orang yang sudah yakin dia akan bersyukur dulu.

#Ciri berikutnya orang yang yakin kepada Allah adalah TAUBAT terus menerus kepada Allah.

#Tidak sibuk dengan penilaian orang pada dirinya, sebab yang dia lihat adalah apa yang Allah tahu tentang dosanya, sedang Allah melihat shalatnya ga bener, ngajinya ga bener, hatinya jarang yakin ke Allah, maka jatuhnya orang yang yakin ke Allah akan lebih banyak bertaubat.

#Orang sebel ke kita itu ga bahaya, tapi Allah benci ke kita itu adalah petaka, dan dosalah yang membuat Allah benci.

#Maka orang yang yakin kepada Allah akan lebih banyak menangisi dosanya dan jarang sibuk dengan keburukan oranglain kepada dirinya, karena dia tidak terancam dengan keburukan orang lain pada dirinya, dan itu bisa terlihat dari istighfarnya.

#Namun ada istighfar yang bisa jadi dosa yaitu yang ingin dilihat orang lain sebagai ahli istighfar.

#Mana yang bahaya? yang satunya bergumam lagu unyil, yang satunya istighfar dengan niat ingin dipuji makhluk. 

#Dua dua nya niatnya karena mahkluk, tapi yang paling bahaya adalah yang kedua, karena dia menjual hak Allah untuk pujian makhluk.

#Ibu ibu ingin kelihatan cantik atau ingin kelihatan sholehah? 

#Kalau ingin kelihatan cantik mungkin memang sudah fitrahnya ya, tinggal proporsional saja, tapi kalau ingin kelihatan sholehah maka itu fatal, sebab dia sampai menggadaikan kedudukan disisi Allah. 

#Apa lagi ciri orang yang yakin? dia akan SABAR menghadapi situasi apapun, karena dia yakin dirinya milik Allah, Innaalillaahi wa inna ilaihi raaji'uun... 

#Jadi sesuka yang punya saja mau diapaapain juga, karena dia yakin Allah yang Maha Baik, selama ini pun selalu baik, tidak pernah berbuat jelek, terus kita dikasih cobaan oleh Allah, ya pasti baik.

#Kita ini milik Allah, kita ini ciptaan Allah, Allah Maha Baik, Allah Maha Bijaksana, Allah Maha Penyayang, dan ketika Allah memberikan cobaan yang tidak cocok dengan keinginan kita, siapa yang lebih tahu yang terbaik untuk kita? kita atau yang menciptakan kita? yang menciptakan kita.

#Allah ingin agar kita mulia dengan cara Allah. Allah ingin membersihkan kita dari dosa maka Allah kasih bala kepahitan, bergugurlah dosa dosa kita, karena dosa dosa kitalah yang mengancam kita, sedang kita nya kurang taubat, maka Allah kasih penghapusnya.

#maka jatuhnya sabar karena yakin ke Allah.

#Berikutnya, makin yakin ke Allah makin RIDHO dengan takdir Allah, tidak ada komplain, mau diapain saja sama Allah, akan nrimo, karena tidak mungkin Allah berbuat jelek, dan akan TAWAKAL. 

#Punya keinginan apapun dia lebih memilih apa yang terbaik menurut Allah, jadi dia akan menyerahkan sepenuhnya kepada pilihan Allah.

#Mana yang harus didahulukan? ikhtiar dulu atau tawakal dulu?

#Coba kalau mau keluar rumah, do'a dulu, atau keluar dulu? kalo mau tidur, do'a dulu, atau tidur dulu?

#Bismillaahi tawakkaltu 'alallaahi laa hawlaa wa laa quwwata illaa billaahil 'aliyyil 'adzhiim... 

#Sebetulnya bisa bersamaan waktunya, tapi kalau kita tawakal dulu maka... QS At Talaq ayat 3.

#Cukup dalam ayat tersebut termasuk cukup ketenangan, cukup gagasan, cukup ide, cukup informasi dan data, kenapa? karena semua keperluan kita diketahui Allah dan semuanya milik Allah, hanya bisa sampai pada kita dengan izin Allah. 

#Kalau orang bertawakal maka jaminan Allah adalah dia akan ditunjuki, dicukupi. dilindungi. 

#Maka hati dari awal harus bisa yakin ke Allah. Kenapa kita do'a? karena kita yakin hanya Allah lah yang bisa menunjuki, mencukupi, melindungi, maka 
kita tidak bisa lepas dari Alllah selamanya, dari awal sampai akhir.

#Kunci itu semua adalah ketakwaan kepada Allah, maka dari sinilah lahirnya patuh dan pasrah kepada Allah.

#Bagaimana caranya agar bisa yakin kepada Allah?
1. Minta kepada Allah.
2. Cari ilmunya.

3. Mujahadah (bersungguh sungguh) untuk melepaskan diri dari ketergantungan dan kemelekatan kita kepada selain Allah.

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment