Perbedaan Ingin dan Perlu

Assalamualaikum,

Alloh Yang Maha Esa

Ahad nya Alloh adalah tidak merupakan perkalian, penjumlahan, atau pun bilangan. Dan sangat berbeda dengan satunya makhluk yang bisa dalam bentuk perkalian, pembagian, penjumlahan ataupun bilangan.
Dari pada itu setiap saat Alloh yang mengurus dan Alloh kuasa satu-satu nya, kecuali izin Alloh Yang Maha Kuasa atas segala-segala nya. Maka dalam QS. Al Ikhlas adalah 1/3 nya Al - Qur'an karna inti dari yang Alloh sukai adalah mentauhiidkan Alloh. Jika kita ingin selamat, ingin mulia tergantung tauhiid nya kita kepada Alloh.

Amalan yang Alloh sukai yaitu Laaillahaillah.
Siapa Bapak para Nabi?
Bapak para nabi adalah Nabi Ibrahim, disinilah lahir para nabi yang lain dan Nabi Ibrahim pun dipanggil dengan panggilan bapak Tauhiid karna begitu sangat dasyat nya ketauhiidan beliau kepada Alloh.
Adapun Dakwah nya Nabi Ibrahim :
🍃  Kepada Ayah dan umatnya dikala itu
Nabi Ibrahim dikenal sebagai anak yang sopan dan santun dalam menyampaikan ketauhiidan kepada umat dan ayah nya dikala itu. Dan Nabi Ibrahim sangat yakin atas pertolongan Alloh, bahwasannya Alloh pasti akan membantu nya dalam keadaan sulit.
Sedangkan pertolongan Alloh adalah sesuai dengan prasangka hambanya. Maka pada saat itu Nabi Ibrahim akan dibakar di api yang sangat panas tapi seluruh alam semesta mendo'akan nya dan Alloh pun memerintahkan kepada api tersebut menjadi dingin. Disitu lah keyakinan yang bulat dan sangat pasrah kepada Alloh.

🍃 Diuji Hijrah dengan Siti Hajar dan Ismail
Kala itu Nabi Ibrahim hijrah bersama Istri dan anak nya yaitu Siti Hajar dan Islamil, namun ditengah lembah yang tidak ada apa-apanya Nabi Ibrahim meninggalkan mereka sehingga tidak dapat melihat lagi mereka, dan Nabi Ibrahim ketika diatas bukit sambil menghadap ke baitullah dan berdoa kepada Alloh. Yakin bahwa Alloh Maha Baik dan yakin bahwa Alloh yang tidak akan membiarkan nya. Pada saat itu Nabi Ibrahim dan Siti Hajar sangat bulat yakin nya kepada Alloh dan tidak hanya yakin melainkan dengan dibarengi ikhtiar maka Alloh tolong dengan keluarkan air zam - zam. Berikutlah keluar Risalah nya Berhaji.
Bertauhiid itu pahit dan getir tapi buah nya sangat menakjubkan dan salah satunya buah ujian tauhiid adalah bisanya berhaji

🍃 Menyembelih Anak nya yaitu Ismail
Sesudah menunggu sangat lama akhirnya Alloh mengkaruniai anak yang diberi nama Islamil. Setelah remaja Ismail menjadi anak yang tunduk dan patuh kepada Alloh, Ismail menerima dirinya untuk disembelih karna itu adalah perintah Alloh, tanpa ragu dan pasrah tanpa adanya keraguan, Nabi Ibrahim pun menyembelih nya tapi Alloh ganti Islamil dengan seekor Kambing. Dan itu adalah buah dari ketauhiidan seorang anak dan bapak kepada Alloh, maka keluar lah risalah berqurban.

🍃 Perintah Berkhitan
Ketika Nabi Ibrahim berusia 80 tahun, beliau diperintahkan oleh Alloh untuk berkhitan, maka tanpa ragu dan yakin lah Nabi Ibrahim berkhitan.

Nikmat termahal adalah Laaillahaillah. Dari kalimat Laaillahaillah akan muncul keikhlasan yang membuahkan hasil istiqomah, sabar dan kebaikan lain nya. Karna didunia saja sudah sangat nikmat apalagi di akhirat kelak. Ciri orang yang Ikhlas sudah pasti tawakal dan pasrah kepada Alloh dan tidak ada yang dirugikan satu pun.

Apa perbedaan Ingin dan perlu?
Kalau Ingin sudah pasti datangnya dari nafsu seperti minum air laut yang tidak akan pernah ada habis nya rasa haus itu
Dan perlu pasti akan merasa tercukupi dari apa yang telah Alloh beri.


Buah dari tauhiid tidak akan sombong karna dia yakin semuanya milik Alloh karna yakin semuanya yang dia miliki saat ini hanyalah titipan dan semuanya cuma karunia Alloh dan tidak akan dengki pula karna yang dengki sudah pasti tauhiid nya jelek. Kalau tidak berusaha keras belajar bertauhiid pasti tidak akan merasakan nikmatnya tauhiid. Terkadang kita terlalu sibuk bersandar, berharap selain kepada Alloh maka pendidikan terpenting selain belajar ilmu tauhiid melainkan Riadoh dan ikhtiar secara totalitas. 

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment