Aisyah Istri Rasulullah - 5 Fakta Lagu

Sumber: Tirto.ID 

Aisyah Istri Rasulullah - 5 Fakta Lagu

Disituasi pandemi virus corona covid 19 saat ini, sedang menjadi trending bahwa lagu Aisyah Istri Rasulullah di kanal YouTube. Banyak orang menyanyikannya, mengcovernya dan mempopulerkannya. Bahkan, 7 dari 20 trending utama di YouTube adalah cover dari lagu Aisyah ini. Lagu Aisyah Istri Rasulullah yang dinyanyikan Sabyan Gambus mendadak viral dan menjadi kata kunci yang paling banyak dicari di Internet.


Di tengah pandemi virus Corona yang meresahkan, lagu yang dicover Sabyan Gambus ini dianggap bisa menyejukkan hati masyarakat.

Makna lagu Aisyah Istri Rasulullah sangat mendalam. Lagu tersebut mengisahkan Nabi Muhammad SAW memperlakukan sang istri Siti Aisyah semasa hidup. 

Namun, di balik itu semua, terdapat fakta-fakta menarik dari lagu Aisyah Istri Rasulullah. Ternyata ini bukanlah lagu karya Sabyan Gambus.


Jadi, apa fakta lagu ini? Berikut ulasannya:

Disadur dari kompas, suara.com dan insert live, berikut beberapa fakta menarik dari lagu ini:

1. Pertama kali muncul 2017 

Lagu "Aisyah Istri Rasulullah" pertama kali muncul pada 2017. Band asal Malaysia bernama Projector yang membawakan lagu ini. Namun, versi asli lagu ini sebenarnya berjudul "Aisyah (Satu Dua Tiga Cinta Kamu)". Lirik lagu ini memang bercerita tentang seorang perempuan bernama Aisyah. Namun, bukan sosok Aisyah istri Nabi Muhammad SAW. 

2. Hadir dalam versi religi 

Lagu "Aisyah" dalam versi religi akhirnya muncul pada Agustus 2017. YouTuber Malaysia bernama Mr Bie yang mempopulerkannya di akun Vitaminbie. Mr Bie mengemas ulang lagu "Aisyah" ini dengan beberapa perubahan. Perubahan paling mencolok tentu saja ketika liriknya diganti menjadi "Aisyah Istri Rasulullah". Uniknya, Mr Bie terinspirasi mengcover lagu tersebut karena istrinya secara kebetulan bernama Aisyah. 

3. Pengubahan lirik disesuaikan untuk Indonesia 

Ketika akhirnya lagu "Aisyah Istri Rasulullah" mendulang kesuksesan di Indonesia, Mr Bie turut mengapresiasi.  Ia justru berpesan agar lagu tersebut bisa dijadikan bahan pelajaran untuk anak-anak mempelajari sosok Aisyah.  Dalam sebuah unggahan di Instagramnya, Mr Bie juga menyatakan bahwa pengubahan lirik di lagu itu disesuaikan untuk Indonesia. Ia tak ingin lirik lagunya menjadi salah makna. Ada beberapa kata dalam lirik yang ditakutkan salah makna oleh netizen.  Oleh sebab itu ia memberikan klarifikasi agar tidak menyalahi hadits dan riwayat nabi.

4. Dipopulerkan Sabyan Gambus
Sebelum dipopulerkan oleh Sabyan Gambus, lagu ini telah populer dengan judul yang sama. Namun, lagi ini dibawakan penyanyi bernama Muallimah pada sejak Juli 2019 lalu.
Kemudian lagu ini populer di-cover oleh beberapa youtuber di akun mereka, dengan gaya bernyanyi yang berbeda-beda sehingga memberi ‘rasa’ tersendiri.
Baru kemudian Sabyan Gambus mempopulerkan lagu tersebut dan mempostingnya pada Ahad 29 Maret 2020.
Berbeda dengan cover dari penyanyi lain yang membawakan lagu ini dengan ceria, Nisa Sabyan justru membawakan lagu ini dengan gaya khusyu dan mellow. Alhasil, bikin merinding.
5. Liriknya gubahan
Sedikit yang tau bahwa lirik pada laagu ini bukanlah yang asli. Yang menggubah lirik lagu inimenjadi berbeda adalah seorang youtuber asal Malaysia bernama Vitaminbie atau yang dikenal dengan Mr Bie.
Dalam akun Instagramnya, Mr Bie memang sering menggubah beberapa lagu dengan lirik yang ia ciptakan sendiri. Selain lagu Aisyah Istri Rasullulah, Mr Bie juga menggubah lagu milik Siti Nurhaliza dengan lirik bernada edukasi tentang corona.
Dalam akun Instagramnya juga, Mr Bie memposting Nisa Sabyan yang sedang berlatih menyanyikan lagunya. Selain menggubah lagu, diketahui Mr Bie kerap membuat konten sosial di Youtubenya.
Berikut ini lirik singkatnya:
Mulia indah cantik berseri

Kulit putih bersih merah di pipimu
Dia Aisyah putri Abu Bakar
Istri Rasullallah

Sungguh sweet Nabi mencintamu

Hingga Nabi minum di bekas bibirmu
Bila dia marah, Nabi kan bermanja
Mencubit hidungnya.


Terima Kasih

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More