Bahasa Inggris Tarawih dan Lailatul Qodar


Sumber: Lampung Post

Bahasa Inggris Taraweh

Ramadhan segera datang. Banyak masyarakat yang sudah menantikan kedatangan Ramadhan tahun ini. Namun, setiap tahunnya, Ramadhan pasti punya cerita tersendirinya. Salah satunya adalah banyak ungkapan dan frase kurang tepat dari istilah-istilah ramadhan yang ada di masyarakat. 

Kali ini, kita akan membahas hal itu semuanya. Sebelumnya, kita sempat membahas istilah yang berhubungan dengan makanan. Sekarang kita akan fokus ke istilah lainnya di Ramadhan dalam Bahasa Inggris. 


Rukun Islam

Sumber: Shopee

Puasa sendiri merupakan salah satu dari rukun islam yang harus kita kerjakan sebagai seorang Muslim. Selain itu, puasa di ramadhan juga merupakan ibadah tahunan. Karena itu, puasa menjadi ibadah wajib. Dalam bahasa Inggris kita bisa menerjemahkannya:



  1. The Annual observance : Ibadah tahunan
  2. One of the Five Pillars of Islam : Salah satu Rukun Islam
  3. Obligatory : Wajib / Fard

Menahan Lapar dan Haus

Sumber: MerahPutih

Secara harfiah, puasa bisa dikatakan Menahan. Tugas utama saat berpuasa adalah menahan nafsu. Dalam bahasa inggris kita bisa menerjemahkannya sebagai berikut:


  1. Self-dicipline : kedisiplinan diri
  2. Self-control : pengendalian diri
  3. Refrain from....... : Menahan diri dari ..........



Waktu Berpuasa

Sumber: Kompasiana.com

Waktu berpuasa sudah di tentukan, yaitu dari Subuh hingga Magrib. Subuh bisa di terjemahkan Dawn, sementara Magrib ialah waktu dimana Matahari terbenam.


  1. From down until the sun sets: Dari terbit fajar hingga terbenam matahari


Sifat Berpuasa

Sumber: Medium

Selama berpuasa, kita harus mempunyai beberapa sifat yang agung. Tapi secara natural, kita pasti akan mendapatkan sifat kerendahan hati dan kesabaran. Dalam bahasa Inggris, kita bisa menerjemahkannya seperti ini:


  1. Humility : Kerendahan hati
  2. Patience : Kesabaran

Tarawih

Sumber: INDOZONE

Salah satu ibadah sunnah yang dilakukan saat Ramadhan ialah sholat Tarawih saat malam hari selesai Isya. Dilanjut dengan tadarusan bahkan ada yang menghafalkannya. Dalam bahasa Inggris kita bisa menerjemahkannya ke:



  1. Tarawih prayers, nightly prayers : Shalat tarawih
  2. To recite the Quran : Membaca keseluruhan Al-Quran
  3. The Memorization of the Quran : Hafalan Quran


Malam Lailatul Qodar


Hal spesial saat Ramadhan ialah adanya Malam Lailatul Qodar. Malam dimana malam yang lebih baik dari seribu bulan dan terjadi di 10 hari terakhir Ramadhan. Kita bisa menerjemahkanyya menjadi:


  1. The night of power or the night of decree: Malam Lailaul Qadar
  2. Better than one thousand months: Lebih baik dari seribu bulan
  3. An odd-numbered night during the last ten days of Ramadan: Salah satu dari malam-malam ganjil 10 hari terakhir Ramadan


Idul Fitri

Sumber: Republika

Hari kemenangan tiba. Dimana akhir Ramadhan ditutup dengan kebahagiaan dimana semua Muslim merayakannnya. Kita bisa menerjemahkanya menjadi:

Eid al-fitr, Feast of Breaking the Fast : Lebaran, Idul Fitri

Terima kasih



0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More