Android Q: Fitur Terbaru dari Dark Theme dan Konektivitas 5G

Sumber Foto: arstechnica.com


Assalamualaikum,

Akhirnya, setelah Android Pie, kali ini akan muncul sistem operasi terbaru yakni Android Q. Belum ada nama makanan resmi untuk sistem operasi ini. Banyak fitur menarik yang sudah sangat bisa dinikmati ponsel kekinian saat ini. Berikut fitur terbaru dari Sistem Android Q:

Foldable Phones

Alhamdulillah, sistem terbaru android ini sudah bisa diakses untuk foldable phones atau hape lipat. Seperti diketahui, hape lipat sudah banyak di luncurkan sepetti Samsung Fold dan Huawei Mate. Sehingga, Android Q sudah mempunyai tampilan khusus untuk hape lipat ini dimulai dari user experience hingga ke user interface. Dan pada saaatnya, hape lipat tersebut bisa berjalan dengan optimal menggunakan sistem android paling baru tersebut.

5G

Fitur baru lainnya ialah sudah mendukung 5G dan on device machine learning. Baru juga kita menikmati kecepatan internet dari 4G LTE, sekarang sudah mulai dirilis hape dengan konektivitas 5G. Dan Google pun sudah sangat siap dengan merilis sistem operasi ini. Bulan mei kemarin Google sudah sangat sempurna merilis Android Q dengan bekerja sama dengan berbagai operator telekomunikasi dalam pengembangan 5G. Sehingga, Google sudah bisa ditasbihkan sebagai pionir untuk jaringan 5G dalam sistem operasinya melalui Android Q. 

Dark Theme Mode

Sevara native, fitur ini sudah di sematkan di semua hape android melalui OS Android. Tapi, khusus Android Q, fitur ini menjadi penyempurna semua. Fitur yang sudah sangat diidam-idamkan oleh pengguna Android. Di sistem operasi ini, fitur ini akan diterapkan secara menyeluruh. Bahkan para pengembang pun di ajak untuk menerapkan tema yang sama untuk aplikasinya. Google sendiri sudah melakukan riset jika penggunaan dark theme akan menghemat daya dan lebih membuat sehat kepada para penggunanya. 

Keamanan Ketat

Pada Android Q, sistem dari privacy setting akan sangat di rombak yang nantinya akan lebih ketat dari aplikasi yang akan mengakses fitur di hape anda. Google membawa Android OS Framework yang nanti updatenya bisa langsung di lakukan ketika sudah tersedia tanpa harus restart. Kontrol privasi yang lebih baik karena akan banyak kotak dialog untuk privasi yang bisa di atur di foreground dan background serta mampu membatasi id dari user dan membatasi log call dan sms dari aplikasi. Hal ini dilakukan untuk mencegah banyaknya pengembang aplikasi pihak ketiga yang nakal dan mencoba masuk ke keamanan para pengguna. Fitur lainnya ada di digital well being yang sudah ada focus mode yang bisa di pakai untuk mematikan aplikasi yang tidak ingin di pakai seperti fitur limit apps di iphone. Selain itu, ada fitur parental controls yang ada di panel setting untuk mengatur penggunaan hape yang dilakukan anak kita. 

Smart Reply 

Fitur ini dapat memberikan suggestion untuk membalas sms atau pesan serta memberi action yang contohnya ketika kita mendapatkan pesan tentang alamat rumah yang nantinya bisa d integrasikan langsung ke Google Maps

Fitur Lainnya

  • Sharing shortcuts - Berbagi konten ke aplikasi lain - sama mirip di iphone
  • Aplikasi akan mempunyai settingnya masing-masing - mirip di iphone
  • Wifi Performance Mode
  • Portrait mode dan depth effects di berbagai macam aplikasi
  • Dapat meminta dynamic depth data
  • AR photography untuk 3d image
  • Peningkatan Performa Aplikasi - lebih cepat dan hemat daya - youtube 21 persen lebih kencang
Demikian cerita sedikit dari fitur resmi yang sudah di rilis Google untuk Android Q. Setiap pengguna android sudah bisa mengupdate nya sesuai dengan brand resmi hape masing-masing. Jika tidak mau ribet, beli hape flagship keluaran terbaru. Pasti sudah memakai sistem operasi ini.

Semoga bermanfaat,


Jazakallah,

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More