iPadOS - OS Terbaru khusus iPad


Sumber Gambar: Apple.com


Assalamualaikum,

Kabar baik bagi para pengguna iPad, karena akan mempunyai sistem operasi baru khusus untuk iPad. Sebelumnya, iPad menggunakan sistem operasi IOS yang sama dengan iPhone.

Dalam ajang WWDC juni 2019, sistem operasi ini di perkenalkan. Menggeser IOS, Sistem operasi ini akan lebih padat dengan lebh banyak ikon yang akan mengisi setiap home screennya. Bahkan, pengguna akan mampu menggeser widget yang biasanya permanen di sebelah kiri.

Multi-tasking menjadi kunci di iPadOS ini karena kita bisa membuka aplikasi dengan akses beberapa jendela dalam waktu yang sama namun tampilan terpisah. Seperti IOS 13, iPadOS mampu berbagi file dari Micro SD melalui aplikasi file. 

Beralih ke iCloud. Di sisi ini, akan mendukung folder sharing. Aplikasi terbaru dari file ini memungkinkan kita untuk merasakan tampilan kolom yang mirip dengan yang ada di macOS. Sementara di sisi kamera, kita bisa mengedit secara langsung melalui aplikasi pihak ketiga, seperti adobe lightroom.

Desktop style menjadi kunci lainnya di iPadOS karena nantinya kita di tawarkan untuk browsing. Bahkan kompatibilitasnya lebih baik untuk aplikasi web online seperti Spreadsheet. Di Safari, akan ada pintasan keyboard baru dan fitur download manager. Fitur ini sancta berguna, Karena kata sangat kesulitan Untuk mengunduh file di safari. 

Apple memberikan font khusus untuk iPadOS ini yang bisa di unduh di App Store. Sementara gesture tiga jari copy-cut-paste akan bisa di lakukan di iPad termasuk sapuannya untuk pembatalan.

Jadi, kita akan disuguhkan fitur-fitur baru di iPad tanpa harus menurunkan performa iPad nya sendiri. Dan perkawinan antara iPad dan iPhone harus berakhir dengan pemisahan OS ini.

Jazakallah

Semoga bermanfaat,

Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More