Catalina - macOS terbaru gantikan Mojave

Sumber Foto: Apple.com


Assalamualaikum,

Baru juga satu tahun, macOS Mojave sudah akan mulai gugur, karena pada ajang WWDC 2019 pagi tadi, Apple memperkenalkan sistem operasi barunya untuk MacBook, yakni Catalina. Versi ini mempunyai seri 10.15.

Fitur unggulan di Catalina saat ini ialah adanya Voice Control yang akan bisa membuat kita mengontrol sistem operasi sepenuhnya dengan kata-kata yang kita ucapkan. Hebatnya, fitur ini sangat menjaga kemanannya dengan adanya pemoresesan suara yang terjadi di perangkat itu sendiri, bukan di cloud.

Dengan Catalina, kita dapat menggunakan iPad sebagai tampilan sekunder. Dinamakan Sidecar, fitur ini mempunyai fungsi untuk menggunakan tablet sebagai pengontrol layar sentu Mac. Jadi, sebagai remotenya. 

Fitur lainnya ada di konsep baru iTunes yakni nantinya akan dibagi menjadi aplikasi yang terpisah antara Music, Podcast dan TV. Podcast akan mempunya machine learning. Sementara aplikasi TV akan menhadirkan dukungan video 4K HDR di Mac yang sebelumnya hanya ada di Apple TV 4K. 

Sampat saat ini baru sedikit yang bisa di bocorkan Apple terkait MacOS pengganti Mojave tersebut. Semoga dengan adanya pembaruan ini, macbook akan semakin baik peformanya dan memberikan manfaat lebih bagi para penggunanya.

Jazakallah,



Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More