Aplikasi Wajib Mudik Lebaran




Assalamualaikum, 

Sepertinya, tidak ada yang tidak mudik di setiap lebaran. Semua berbondong-bondong meninggalkan hiruk pikuk perkotaan menuju area damai di desa. bahkan, mengambil cuti lebih lama hanya untuk berquality time lebih lama bersama keluarga di desa atau kampung halaman. Namun, hal itu butuh perjuangan. Tidak semudah itu di lewati. Prosesnya bisa menjadi sangat lama karena semua orang melakukan hal yang sama. Sehingga kemacetan dan kepadatan lalu lintas otomatis terjadi. Sehingga, kita butuh strategi agar mudik kita lancar. 

Karena sekrang zaman nya gadget, jadi semua keperluan pun akan berbentuk digital. Berikut beberapa aplikasi yang bisa menolong kita dalam proses menuju bertemu sanak saudara di kampung halaman:

GOOGLE MAPS

Sebenarnya, banyak sekali aplikasi untuk memantau perjalanan, mencari jalan atau aplikasi navigasi lainnya. Tapi, menurut kami, paket komplit sudah ada di Google Maps. Selain sudah terinstal di hape android, kita tidak usah membebani lagi hape dengan aplikasi navigasi lainnya. Karena akan menyedot baterai dengan terus mengupdate lokasi kita. Jadi, cukup Maps saja. 

Aplikasi ini sudah sangat mumpuni dan terus di update oleh Google. Sehingga, kita bisa memantau mana jalur yang sedang macet, lancar atau padat. Dan aplikasi ini sudah paling baik dalam mencari jalan, karena sudah terbagi menurut kendaraan yang sedang kita tumpangi. Jadi, urusan navigasi cukup di satu aplikasi saja. Mudik pun akan terasa tenang, karena membawa map digital yang memungkinkan kita sulit untuk kesasar

NTMC Mudik

Nah, kalau ini wajib kita instal untuk kebutuhan mudik lebaran. Aplikasi dari polri ini sudah sangat terkenal karena kita bisa memantau langsung kemcetan menggunakan CCTV yang pusatnya ada di NTMC Polri. Jadi, bisa ngebayangin macetnya di suatu titik, lalu kita bisa atur strategi agar tidak melalui titik tersebut. Sungguh menakjubkan,

TRAVELOKA

Berikuntnya, adalah aplikasi khusus untuk pemesanan tiket dan hotel. Banyak sekali aplikasi ini bertaburan di PlayStore dan App Store. Tapi, yang terbaik dan termurah mungkin ada di Traveloka. Entah kenapa sih, tapi ini mah pengalaman pribadi aja. Kadang kan kita sesekali terjebak macet tak bergerak. Mungkin kita butuh istirahat untuk cari hotel terdekat. Atau mau libur lebaran, tapi biasanya kan dadakan kalau sama keluarga. Dan traveloka membantu dengan banyak hotelnya dan harganya juga tidak melambung sekali walalupun ketika musim libur seperti ini.

OBENG

Aplikasi selanjutnya ialah yang membantu kita agar aman dengan kendaraan kita. Sometimes, ban rusak. Oli kurang. Kaca pecah. Atau ada kejadian tidak enak selama perjalanan. Kurang persiapan lah intinya. Tapi, itu bisa langsung kita tindak lanjuti untuk mencari bengkel terdekat. Ternyata ada aplikasinya. Yaitu, Obeng alias Online Bengkel. Jadi, kekurangan persiapan kita dalam membawa kendaraan untuk mudik minimalnya bisa di tindaklanjuti.

DU BATTERY SAVER PRO

Macet tiada terkira membuat kita akan bertumpu pada satu hiburan, yakni smartphone. Sering di pakai pastinya baterainya orot abisnya. Dan solusinya download aplikasi penghemat baterai. Salah satunya ini DU BATTERY SAVER PRO. Ini mah selera aja, karena masih banyak juga aplikasi lainnya. Coba aja ya.

INFO MUDIK 2019

Yang tadi mungkin banyak aplikasi teknis nya, sekrang aplikasi beritanya juga jangan lupa. Kalau tidak mau di gabungkan dengan aplikasi berita lain di kanal berita online yang sering kita baca, kita bisa fokus saja ke berita mudik di aplikasi info mudik 2019. Jadi, berita terkini terkait mudik dan jalur mudiknya bisa kita update secara real time. Terutama bila ada buka tutup atau pengalihan jalur. 

MUDIK BPJS KESEHATAN

Berikutnya adalah aplikasi yang berhubungan dengan kesehatan. Pastinya, mudik membawa orang tua atau anak kecil yang mudah terserang penyakit. Dengan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan, kita akan tau posko kesehatan yang tersebar di seluruh jalur mudik serta rumah sakit dan puskesmas terdekat. Apalagi kalau sudah terdaftar sebagai anggota BPJS, kayanya bisa otomatis gratis nih. Di coba aja ya,

JMCARe

Aplikasi ini adalah aplikasi buatan dari PT Jasa Marga. Berarti akan berhubungan dengan fasilitas jalan tol nih. Bagi anda yang memang mudik menggunakan jalan tol pasti akan kebantu sekali. Apalagi baru tahun ini ada tol yang jalurnya jadi one way. Kalau kita telat info, pasti kita akan nyesel dan pastinya terjebak ke jalan yang makin jauh dan muter. Patut dicoba.

Begitu aplikasi yang sekiranya cocok kita instal ketika mudik lebaran tahun ini. Semuanya adalah bentuk ikhtiar kita. Tapi, yang paling penting adalah sandarkan semuanya hanya ke Allah saja. Pasti mudik kuta lebih lancar lagi.

Hayu mudik

Jazakallah,


Wassalamualaikum,

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More